Grand strategi menurut michael porter

Grand Strategies memberikan arah bagi tindakan-tindakan  strategik.  Mereka merupakan dasar bagi tindakan  terkoordinasi dan berkesinambungan yang diarahkan untuk mencapai sasaran jangka panjang.
Grand strategi menurut michael porter 
1.Pertumbuhan terkonsentrasi (Concentrated Growth)
2.Pengembangan Pasar (Market Development)
3.Pengembangan Produk (Product Development)
4.Inovasi (Inovation)
5.Integrasi Horizontal
6.Integrasi Vertikal
7.Diversifikasi Konsentrik 
8.Diversifikasi Konglomerat
9.Bebenah Diri (Turn around)
10.Diversifikasi
11.Likuidasi
12.Usaha Patungan
13.Aliansi Strategik
14.Konsorsium
                      1.PERTUMBUHAN TERKONSENTRASI:
                    Adalah strategi perusahaan yang mengarahkan sumber dayanya untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan hanya pada satu produk di satu pasar dengan teknologi yang dominan.

2.PENGEMBANGAN  PASAR
                      Strategi ini berupa memasarkan produk lama. Seringkali dengan hanya sedikit memodifikasi kosmetik, kepada pelanggan diwilayah pasar terkait dengan menambah saluran Distribusi atau dengan mengubah isi iklan  /  Promosi.

                     3.PENGEMBANGAN PRODUK
                      meliputi modifikasi cukup besar atas produk lama atau penciptaan produk baru yang masih berkaitan yang dapat dipasarkan kepada pelanggan lama melalui saluran yang sudah ada. 

Strategi ini seringkali digunakan untuk memperpanjang daur hidup produk yang sudah ada ataupun untuk memanfaatkan reputasi atau merk favorit.

Pemikirannya adalah menarik pelanggan yang puas untuk membeli produk baru sebagai akibat pengalaman positif mereka dengan produk perusahaan sebelumnya.
  4. INOVASI
                Adalah Strategi yang menciptakan suatu daur hidup produk baru dan karenanya membuat produk lama menjadi  Usang.
5. INTEGRASI VERTIKAL
Adalah suatu Strategi yang didasarkan pada pertumbuhan melalui akuisisi atas beberapa perusahaan sejenis yang beroperasi pada tingkat rangkaian produksi dan pemasaran yang sama. Tujuan dari Strategi ini adalah untuk memperkecil Persaingan.

6. INTEGRASI HORIZONTAL
Suatu Strategi yang mengakuisisi perusahaan-2  yang memasok masukannya (mis. Bahan baku) atau mengakuisisi perusahaan yang membeli Keluarannya (hasil produknya). 


5. INTEGRASI VERTIKAL
Adalah suatu Strategi yang didasarkan pada pertumbuhan melalui akuisisi atas beberapa perusahaan sejenis yang beroperasi pada tingkat rangkaian produksi dan pemasaran yang sama. Tujuan dari Strategi ini adalah untuk memperkecil Persaingan.
6. INTEGRASI HORIZONTAL
Suatu Strategi yang mengakuisisi perusahaan-2  yang memasok masukannya (mis. Bahan baku) atau mengakuisisi perusahaan yang membeli Keluarannya (hasil produknya). 

7. INTEGRASI KONSENTRIK
Suatu Strategi yang mengakuisisi perusahaan-2  yang memasok masukannya (mis. Bahan baku) atau mengakuisisi perusahaan yang membeli Keluarannya (hasil produknya). 
    Adalah Akuisisi bisnis yang terkait dengan perush.
    Pengakuisisi dari segi :
  - Teknologi
  - Pasar dan Produk
    Diversifikasi yang ideal terjadi bilamana laba persh.
    Yang bergabung meningkatkan kekuatan dan
    peluang serta mengurangi kelemahan dan ancaman.
8. DIVERSIFIKASI  KONGLOMERAT
    Strategi dimana perusahaan yang sangat besar ber
    rencana mengakuisisi suatu bisnis karena bisnis ini
    memberikan peluang investasi menarik. 
    Tujuan utama dari strategi ini adalah Pola Laba
    usaha perusahaan 
karena keterpurukan yang terjadi pada   suatu perusahaan.
     
                     9. STRATEGI BEBENAH DIRI
                         Adalah strategi yang dilakukan untuk memulihkan kondisi perusahaan.Tindakan  yang bisa dilakukan , misalnya :
    A. Melakukan Reduksi biaya.    Contoh : - Pengurangan tenaga kerja melalui pensiun dipercepat, memperpanjang usia mesin, mengurangi kegiatan promosi, memotong produk lini.
     B. Melakukan Reduksi Aset,
     Contoh: - Penjualan tanah, gedung dan peralatan yang kurang produktif, penghapusan fasilitas mewah bagi eksekutif.

                      10. DIVERTASI

 Adalah Strategi dengan cara penjualan salah satu Komponen utama Perusahaan. 
 Alasan dilakukan Divestasi 
  Karena adanya kebutuhan Dana dalam jumlah yang besar untuk melunasi Utang-utangnya.
11.LIKUIDASI
  Adalah strategi menjual Aset perusahaan , tetapi bukan usahanya, akibat kekurangan Dana Likuiditas.  Strategi ini dipandang paling tidak populer diantara Strategi Umum yang lain.
12.USAHA  PATUNGAN / JOINT VENTURE
  Merupakan Strategi kerjasama beberapa perusahaan untuk mengerjakan suatu Proyek dalam waktu ttt.
13. ALIANSI STRATEGI
  Merupakan persetujuan Lisensi, yang biasanya berupa : - Merk Dagang
           - Hak  Paten
14.KONSORSIUM
  Konsorsium didefinisikan sebagai keterhubungan Raksasa Bisnis yang saling berkait antara bisnis-bisnis dalam suatu Industri.
  Di Jepang Konsorsium semacam ini dikenal sebagai
  “KEIRETSU” yaitu sebuah usaha yang melibatkan beberapa perusahaan besar dan berbeda yang bergabung membentuk Perusahaan dagang besar .
Contoh:  Sumitomo, Mitsubisi dan Sanwa.

Comments

Popular posts from this blog

Soal Bahasa Inggris Kelas IV SD Beserta Kunci Jawaban

Grand Strategy