Grand strategi menurut michael porter
Grand Strategies memberikan arah bagi
tindakan-tindakan strategik. Mereka merupakan dasar bagi tindakan terkoordinasi dan berkesinambungan yang diarahkan untuk mencapai sasaran jangka panjang.
Grand strategi menurut michael porter
1.Pertumbuhan terkonsentrasi (Concentrated Growth)
2.Pengembangan Pasar
(Market Development)
3.Pengembangan Produk
(Product Development)
4.Inovasi (Inovation)
5.Integrasi
Horizontal
6.Integrasi Vertikal
7.Diversifikasi Konsentrik
8.Diversifikasi Konglomerat
9.Bebenah Diri
(Turn around)
10.Diversifikasi
11.Likuidasi
12.Usaha Patungan
13.Aliansi Strategik
14.Konsorsium
1.PERTUMBUHAN TERKONSENTRASI:
Adalah strategi perusahaan yang mengarahkan sumber dayanya untuk mencapai pertumbuhan yang menguntungkan hanya pada satu produk di satu pasar dengan teknologi yang dominan.
2.PENGEMBANGAN
PASAR
Strategi ini berupa memasarkan produk lama. Seringkali dengan hanya sedikit memodifikasi kosmetik, kepada pelanggan diwilayah pasar terkait dengan menambah saluran Distribusi atau dengan mengubah isi iklan / Promosi.
3.PENGEMBANGAN PRODUK
meliputi modifikasi cukup besar atas produk lama atau penciptaan produk baru yang masih berkaitan yang dapat dipasarkan kepada pelanggan lama melalui saluran yang sudah ada.
Strategi ini seringkali digunakan untuk memperpanjang daur hidup produk yang sudah ada ataupun untuk memanfaatkan reputasi atau merk favorit.
Pemikirannya adalah menarik pelanggan yang puas untuk membeli produk baru sebagai akibat pengalaman positif mereka dengan produk perusahaan sebelumnya.
4. INOVASI
Adalah Strategi yang menciptakan suatu daur hidup produk baru dan karenanya membuat produk lama menjadi Usang.
5. INTEGRASI VERTIKAL
Adalah suatu Strategi yang didasarkan pada pertumbuhan melalui akuisisi atas beberapa perusahaan sejenis yang beroperasi pada tingkat rangkaian produksi dan pemasaran yang sama. Tujuan dari Strategi ini adalah untuk memperkecil Persaingan.
6. INTEGRASI HORIZONTAL
Suatu Strategi yang mengakuisisi perusahaan-2 yang memasok masukannya (mis. Bahan baku) atau mengakuisisi perusahaan yang membeli Keluarannya (hasil produknya).
5. INTEGRASI VERTIKAL
Adalah suatu Strategi yang didasarkan pada pertumbuhan melalui akuisisi atas beberapa perusahaan sejenis yang beroperasi pada tingkat rangkaian produksi dan pemasaran yang sama. Tujuan dari Strategi ini adalah untuk memperkecil Persaingan.
6. INTEGRASI HORIZONTAL
Suatu Strategi yang mengakuisisi perusahaan-2 yang memasok masukannya (mis. Bahan baku) atau mengakuisisi perusahaan yang membeli Keluarannya (hasil produknya).
7. INTEGRASI KONSENTRIK
Suatu Strategi yang mengakuisisi perusahaan-2 yang memasok masukannya (mis. Bahan baku) atau mengakuisisi perusahaan yang membeli Keluarannya (hasil produknya).
Adalah Akuisisi bisnis yang terkait dengan perush.
Pengakuisisi dari segi :
- Teknologi
- Pasar dan Produk
Diversifikasi yang ideal terjadi bilamana laba persh.
Yang bergabung meningkatkan kekuatan dan
peluang serta mengurangi kelemahan dan ancaman.
8. DIVERSIFIKASI KONGLOMERAT
Strategi dimana perusahaan yang sangat besar ber
rencana mengakuisisi suatu bisnis karena bisnis ini
memberikan peluang investasi menarik.
Tujuan utama dari strategi ini adalah Pola Laba
usaha perusahaan karena keterpurukan yang terjadi pada suatu perusahaan.
Strategi ini seringkali digunakan untuk memperpanjang daur hidup produk yang sudah ada ataupun untuk memanfaatkan reputasi atau merk favorit.
Pemikirannya adalah menarik pelanggan yang puas untuk membeli produk baru sebagai akibat pengalaman positif mereka dengan produk perusahaan sebelumnya.
4. INOVASI
Adalah Strategi yang menciptakan suatu daur hidup produk baru dan karenanya membuat produk lama menjadi Usang.
5. INTEGRASI VERTIKAL
Adalah suatu Strategi yang didasarkan pada pertumbuhan melalui akuisisi atas beberapa perusahaan sejenis yang beroperasi pada tingkat rangkaian produksi dan pemasaran yang sama. Tujuan dari Strategi ini adalah untuk memperkecil Persaingan.
6. INTEGRASI HORIZONTAL
Suatu Strategi yang mengakuisisi perusahaan-2 yang memasok masukannya (mis. Bahan baku) atau mengakuisisi perusahaan yang membeli Keluarannya (hasil produknya).
5. INTEGRASI VERTIKAL
Adalah suatu Strategi yang didasarkan pada pertumbuhan melalui akuisisi atas beberapa perusahaan sejenis yang beroperasi pada tingkat rangkaian produksi dan pemasaran yang sama. Tujuan dari Strategi ini adalah untuk memperkecil Persaingan.
6. INTEGRASI HORIZONTAL
Suatu Strategi yang mengakuisisi perusahaan-2 yang memasok masukannya (mis. Bahan baku) atau mengakuisisi perusahaan yang membeli Keluarannya (hasil produknya).
7. INTEGRASI KONSENTRIK
Suatu Strategi yang mengakuisisi perusahaan-2 yang memasok masukannya (mis. Bahan baku) atau mengakuisisi perusahaan yang membeli Keluarannya (hasil produknya).
Adalah Akuisisi bisnis yang terkait dengan perush.
Pengakuisisi dari segi :
- Teknologi
- Pasar dan Produk
Diversifikasi yang ideal terjadi bilamana laba persh.
Yang bergabung meningkatkan kekuatan dan
peluang serta mengurangi kelemahan dan ancaman.
8. DIVERSIFIKASI KONGLOMERAT
Strategi dimana perusahaan yang sangat besar ber
rencana mengakuisisi suatu bisnis karena bisnis ini
memberikan peluang investasi menarik.
Tujuan utama dari strategi ini adalah Pola Laba
usaha perusahaan karena keterpurukan yang terjadi pada suatu perusahaan.
9. STRATEGI BEBENAH
DIRI
Adalah strategi yang dilakukan untuk memulihkan kondisi perusahaan.Tindakan yang bisa dilakukan , misalnya :
A. Melakukan Reduksi biaya. Contoh : - Pengurangan tenaga kerja melalui pensiun dipercepat, memperpanjang usia mesin, mengurangi kegiatan promosi, memotong produk lini.
B. Melakukan Reduksi Aset,
Contoh: - Penjualan tanah, gedung dan peralatan yang kurang produktif, penghapusan fasilitas mewah bagi eksekutif.
A. Melakukan Reduksi biaya. Contoh : - Pengurangan tenaga kerja melalui pensiun dipercepat, memperpanjang usia mesin, mengurangi kegiatan promosi, memotong produk lini.
B. Melakukan Reduksi Aset,
Contoh: - Penjualan tanah, gedung dan peralatan yang kurang produktif, penghapusan fasilitas mewah bagi eksekutif.
10. DIVERTASI
Adalah Strategi dengan cara penjualan salah satu Komponen utama
Perusahaan.
Alasan dilakukan Divestasi
Karena adanya kebutuhan
Dana dalam jumlah
yang besar untuk melunasi Utang-utangnya.
11.LIKUIDASI
Adalah strategi menjual Aset perusahaan , tetapi bukan usahanya, akibat kekurangan Dana Likuiditas. Strategi ini dipandang paling tidak populer diantara Strategi Umum yang lain.
12.USAHA
PATUNGAN / JOINT VENTURE
Merupakan Strategi kerjasama beberapa perusahaan untuk mengerjakan suatu Proyek dalam waktu ttt.
13. ALIANSI STRATEGI
Merupakan persetujuan Lisensi, yang biasanya berupa : - Merk Dagang
- Hak Paten
14.KONSORSIUM
Konsorsium didefinisikan sebagai keterhubungan Raksasa Bisnis yang saling berkait antara bisnis-bisnis dalam suatu Industri.
Di Jepang Konsorsium semacam ini dikenal sebagai
“KEIRETSU” yaitu sebuah usaha yang melibatkan beberapa perusahaan besar dan berbeda yang bergabung membentuk Perusahaan dagang besar .
Contoh: Sumitomo, Mitsubisi dan Sanwa.
Comments
Post a Comment