Grand Strategy

Apa yang dimaksud strategi?
Strategi adalah alat untuk mencapai tujuan jangka panjang perusahaan dengan penggunaan alokasi sdm dan sda untuk mencapai tujuan tersebut chanler (1962) sedangkan menurut porter (1985) adalah alat penting untuk mencapai keunggulan bersaing.

Perencanaan strategi  yaitu proses penetapan tujuan strategi dan strategi yang akan menentukan alokasi sumberdaya untuk mencapai tujuan strategi (stainer,1973)

Dalam kompetence strategi dikenal distinctive competence yang meliputi. 
  • Kekuatan yang sulit ditiru
  • Spesifik 
  • SDM 
Suatu organisasi dikatakan organisasi yang memiliki competitive advance jika organisasi tersebut memiliki strategi. 
Yang dimaksud isu strategi yaitu jantung dalam proses perencanaan strategi. Atau dikenal sebagai pilihan pokok yang dapat mempengaruhi aspek dan fungsi organisasi yang harus diciptakan dengan cermat dan hati-hati.

Formulasi strategi yaitu mengidentifikasi visi misi dan tujuan strategi dengan melakukan analisis persaingan dan menyusun tingkat strategi baik strategi tingkat korporat, strategi tingkat strategi bisnis unit dan tingkat fungsional. 


Pengertian grand strategi yaitu perencanaan strategi di tingkatan korporat. Adapun formulasi untuk Menyusun strategi pada tingkatan korporat  yaitu dengan melakukan grand strategi dan  strategi pendekatan portfolio. Strategi korporat atau yang biasa disebut grand strategi dibedakan kedalam 3 tipe generik yaitu:
  • Pertumbuhan (growth) yang mencakup 
  1. konsentrasi (pengembangan pasar dan produk baru) 
  2. Integrasi vertikal (integrasi kebelakang dan intergrasi kedepan) 
  3. Diversifikasi (konsentrik,horizontik,konglomerat)
  • Stabilitas ( stability) yang termasuk di dalamnya yaitu mempertahankan status quo dan meningkatkan metodologi yang lambat untuk menghindari resiko, menggunakan waktu untuk recovery, menilai prospek pertumbuhan yang rendah, manajemen tidak memperhatikan arah strategi. 
  • Bertahan ( defensive) 
  1. Harvest untuk meningkatkan cashflow / profit jangka pendek
  2. Turn around atau mengantisipasi pasar yang turun
  3. Divesture yaitu penciutan atau divertasi
  4. Bankcruptcy yaitu kepailitan
  5. Merger ( usaha patungan)


 Contoh penerapan grand strategi atau strategi korporate

Pengertian Generik Strategi atau yang biasa dikenal sebagai formulasi strategi di tingkatan bisnis unit yang merupakan pendekatan paling baik dengan menetapkan 3 kebijakan yaitu:
  1. Cost leadership strategy (penerapan harga yang lebih murah dari pesaing)
  2. Differentiation strategy ( menawarkan produk yang beda dari pesaing)
  3. Focus strategy (melayani peluang pasar yang lebih spesifik)

Contoh penerapan generic strategi atau strategi bisnis unit

Proses perencanaan strategi merupakan kegiatan menyelutuh yang melibatkan analisis lingkungan internal dan ekternal untuk mencapai visi misi perusahaan dengan menetapkan isu strategi, tujuan dari strategi itu sendiri, formulasi strategi apakah jangka pendek atau jangka panjang, perencanaan operasional untuk pengalokasian sumberdaya baik sdm maupun sda sehingga dalam implementasinya bisa mengurangi biaya. 


Proses perencanaan strategi merupakan kegiatan menyelutuh yang melibatkan analisis lingkungan internal dan ekternal untuk mencapai visi misi perusahaan dengan menetapkan isu strategi, tujuan dari strategi itu sendiri, formulasi strategi apakah jangka pendek atau jangka panjang, perencanaan operasional untuk pengalokasian sumberdaya baik sdm maupun sda sehingga dalam implementasinya bisa mengurangi biaya.


Pendekatan strategi portfolio dengan penerapan :


  • Grand strategi (mengarahkan strategi secara menyeluruh)
  • pendekatan strategi portfolio (menetapkan kebijakan bagi bisnis level / SBU) dengan 3 pendekatan yaitu :
  1. BCG Growth - Share matrix
  2. GE Business screen
  3. Produk / Market evaluation matrix
Balance scorecard yaitu suatu alat yang dapat mengukur performa strategy manajemen. Menurut Kaplan & Norton, Balance scorecard yaitu alat mengukur kinerja eksekutif dan memperluas kinerja eksekutif menjadi konferehensif yang meliputi pengukuran keuangan, proses, customer dan pembelajaran serta pertumbuhan. 

Joint venture adalah penggabungan beberapa badan usaha untuk mendirikan satu bentuk usaha bersama dengan modal bersama pula, dengan tujuan untuk menggali kekayaan alam dan mendidik tenaga ahli untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
Likuidasi menurut kamus besar bahasa adalah  “pembubaran perusahaan sebagai badan hukum yang meliputi pembayaran kewajiban kepada para kreditor dan pembagaian harta yang tersisa kepada para  pemegang saham (Persero)”

Strategi aliansi merupakan suatu kegiatan dimana pihak yang berkepentingan memiliki suatu interest di masa yang akan datang, maka dengan menyumbangkan resourcedan competitive advantage yang dimiliki pada hal baru akan menghasilkan suatu nilai baru. Dengan kata lain aliansi adalah suatu kerja sama antar pelaku-pelaku ekonomi, baik dalam Iingkup nasional maupun global, baik antar perusahaan ataupun antar kelompok atau grup perusahaan. Tujuan utama dari strategi ini adalah memungkinkan suatu perusahaan/grup untuk mencapai tujuan tertentu yang tidak dapat dicapai dengan usaha sendiri (Dicken, 1992).

Market development yaitu upaya untuk mencari pasar baru dari produk yang sudah ada tiga kegiatan utama mencari pasar baru ini adalah

  1. Menemukan pasar secara geografis (contoh : membuka cabang baru)
  2. Menentukan target baru
  3. Menemukan penggunaan baru dari produk yang sudah ada 
Merger adalah proses difusi atau penggabungan dua perseroan dengan salah satu di antaranya tetap berdiri dengan nama perseroannya sementara yang lain lenyap dengan segala nama dankekayaannya dimasukan dalam perseroan yang tetap berdiri tersebut.
Merger terbagi menjadi tiga, yaitu:
  • Merger horizontal, adalah merger yang dilakukan oleh usaha sejenis (usahanya sama), misalnya merger antara dua perusahaan roti, perusahaan sepatu.
  • Merger vertikal, adalah merger yang terjadi antara perusahaan-perusahaan yang saling berhubungan, misalnya dalam alur produksi yang berurutan. Contohnya: perusahaan pemintalan benang merger dengan perusahaan kain, perusahaan ban merger dengan perusahaan mobil.
  • Konglomerat ialah merger antara berbagai perusahaan yang menghasilkan berbagai produk yang berbeda-beda dan tidak ada kaitannya, misalnya perusahaan sepatu merger dengan perusahaan elektronik atau perusahaan mobil merger dengan perusahaan makanan. Tujuan utama konglomerat ialah untuk mencapai pertumbuhan badan usaha dengan cepat dan mendapatkan hasil yang lebih baik. Caranya ialah dengan saling bertukar saham antara kedua perusahaan yang disatukan.


Comments

Popular posts from this blog

Soal Bahasa Inggris Kelas IV SD Beserta Kunci Jawaban

Grand strategi menurut michael porter