Aturan Perubahan Nama Penumpang Pada Lion Air

Buat yang hobi banget yang namanya online, semua hal kayaknya nggak keren kalo belum online. Termasuk pembelian tiket pesawat. Air Asia melejit begitu cepat salah satunya karena sistem online yang diterapkan mulai dari self reservation , zero paper policy dan low cost carriage. Perkembangan teknologi pun semakin cepat, tentunya pesaing sejenis menerapkan hal yang sama. Yah, semua maskapai berlomba-lomba meningkatkan sistem pelayanan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Perusahaan baru yang memanfaatkan hal ini pun bermunculan , sebut saja Tiket.com , Utiket, Traveloka dll yang menjembatani pemburu tiket online dengan ratusan perusahaan mulai dari Hotel, Kereta api, Pesawat dan sebagainya. Tentunya hal ini semakin memanjakan konsumen karena dengan single klik , konsumen dapat mengetahui rating, harga dan kelebihan masing -masing perusahaan dibanding dengan reservasi langsung dari maskapai satu ke maskapai lainnya. Dan perlu diketahui, biasanya harga pada website broker lebih murah dibanding harga di situs resmi. Hal ini karena ada perjanjian dan kerjasama antara keduanya maka dari itu jadilah konsumen pintar yang dapat memilah harga untuk mendapatkan yang terbaik.


Lalu apa tidak ada masalah dibalik kemudahan yang ditawarkan sistem online tersebut? Ohh tentu ada. Hal yang sangat biasa yang kita sebut human eror biasanya terjadi pada saat reservasi online. Wajar , apalagi buat mereka yang tidak terbiasa dengan pembookingan tiket online. Kesalahan menulis nama, Gelar atau alamat acap kali terjadi, disamping nervous karena waktu booking yang dibatasi dan ketidak telitian pelanggan pada saat pengetikan. Hal ini menjadi sangat kompeks ketika konsumen belum berlangganan pada saat pembookingan. Data yang diminta oleh pihak maskapai pun semakin rumit mulai dari Nama, TTL, Alamat, Gelar, Email, No.Tlp, dll, Kebayang kan kalo kita reservasi buat 10 orang dalam waktu yang bersamaan maka sangat rentan terjadi human eror.

Rupanya hanya beberapa Perusahaan broker yang memperhatikan hal ini.Buat gw pribadi , gw milih perusahaan dengan pelayanan cepat, reservasi simple alias nggak berbelit-belit dan sistem pembayaran yang bervariasai. Nah loh kebayang kan kalo pas booking aja udah dibikin ribet, pas bayar mereka malah nawarin pembayaran yang aneh-aneh misalnya pake credit card or sejenisnya.Hmm....not mahasiswa friendly kan,hehe...tapi frenly buat sebagian mahasiswa yang ber CC alias punya credit card. Tapi adakalanya ketika berburu tiket online ,mau nggak mau harus mengikuti peraturan yang ada.

Oke, dari tadi kita ngebahas reservasi online lalu apa hubungannya dengan Lion Air , HaLLOoo!!!! 2 hari lalu  tepatnya hari Jum'at, temen gw  di pamulang minta tolong buat dibeliin tiket pesawat untuk rute Jakarta - Balikpapan untuk hari minggu dan Posisi gw di pasar minggu.Nggak ada kendala dong toh semua bisa dilakukan online. Karena mungkin sudah nyaman dengan lion air , dia meminta gw buat booking Lion. Promo dari garuda nggak digubris padahal lebih murah dan lebih nyaman kalo bicara soal kualitas, Tapi loyalitas nggak bisa diganti dengan apapun. Beruntung kan Lion udah dapat Loyalitas dari temen gw ini. Akhirnya gw booking tu tiket dengan order ID #5443326-3725121.

Setelah selesai booking ternyata gw kurang memasukan satu huruf pada penumpang, Misal : yg harus nya Rani D Kh Lestari gw tulis Rani Kh Lestari .Mau rebooking ternyata harga sudah lompat jauh untuk tujuan dan waktu pemberangkatan yang sama.Dan karna pengalaman gw dengan maskapai lainnya mengatasi masalah simple ini tinggal tlp ke customer servise selesai lah perkara akhirnya gw bilang "Hmm..gampang si beb nanti gw tlp Cs. nya buat nambahin ".  Temen gw pun setuju ,pembayaran pun dilakukan. Setelah mendapakan kode booking OJUSAH , Gw pun segera tlp Cs.Lion Air dngan harapan dapat menambahkan 1 huruf pada nama penumpang.

Pihak Cs pun menerima tlp gw dan gw ditanya ini itu, akhirnya gw jelasin smua keluh kesah gw dan setelah semua nya sudah jelas, Gw kesel banget pas denger jawaban gini " Begini Ibu, Customer servise Kami tidak melayani perubahan nama penumpang. Silahkan Ibu datang ke kantor pusat penjualan tiket kami di jl.sangaji jakarta pusat." Gubrakkk banget kan, Kalo ujungnya begitu kan bisa ngomong dari awal  pas nrima tlp, kan judulnya mau merubah nama penumpang, kalo ndak bisa kenapa nanya nya panjang lebar, Ndak penting. Zzzzz.

Gw pun terdiam sejenak, kebayang kan lo gw dari jaksel mesti ambil Ktp asli ke pamulang trus mesti ke jakarta pusat buat nambahin satu huruf dan balik lagi ke pamulang buat balikin Ktp. Hiks PR banget men. Tujuan gw bantuain orang jadi malah gini, tau gitu kan mending temen gw beli dari agen tiket deket pamulang jadi nggak gini kejadiannya. Gw keep kalem sejenak and browsing2 kali aja ada yang senasib ama gw dulu dan ternyata benar. Gw dapat sedikit pencerahan kalo tiket domestik salah2 dikit masi dimaklumi tapi kalo internasional ndak pake ampun walopun pada kenyataanya ada juga yang lolos karna kebaikan petugas pada saat boarding.

Dari sekian banyak artikel katanya kalo salah nama dikit boleh lah penerbangan domestik , tapi ada juga yang karna takut nggak terbang, susah payah ngurusin perubahan nama dan dikenakan denda pula oleh pihak Lion seperti pengalaman bro yang satu ini . Hmm..gw coba email pihak lion, ndak dibalas,Hikss,,,,. Dari situ gw pasrah, karena kesibukan gw juga yang nggak memungkinkan gw untuk dateng langsung ke kantor Lion air. Satu jam sebelum pemberangkatan gw udah siap2 booking tiket baru kalau2 temen gw nggak terbang gw uda bisa gantiin dia tiket tapi alhamdulillah ternyata lolos.Terimakasih Lion Air.

Tapi dari sini gw sedikit kecewa dengan pihak Lion yang tidak memberikan kemudahan pelayanan online. Ketika dia menyediakan reservasi online harusnya dia sadar betul bahwa target pasar yang ia bidik adalah konsumen yang ingin mendapatkan pelayanan mudah, efisien dan efektif. Dan ketika konsumen ini melakukan kesalahan maka denda bisa diterima tapi seharusnya bisa juga dilakukan dengan sistem online.Nah jika temen-temen mengalami hal serupa, calm down...cari informasi lebih banyak lalu bergerak ...selamat beraktivitas , semoga artikel ini membantu :)

Comments

  1. kalau ketambahan 1 huruf gimana ya gan,,, misal rusmiati jadi rusmiyati,, ??

    ReplyDelete
  2. Bener bangetttt...
    Yg aplikasi reschedule traveloka jg pas di iklan dbesar2kn, trnyata cumannreschedule utk 1x jln, g bisa yg tiket jd 1 pp,, syedihhh

    ReplyDelete
  3. Klo mau ganti nama penumpang/tukar penumpang gimana caranya ya gan ? Kebetulan ada keluarga yg sakit jd ga bisa lnjt terbang...kira2 bisa ga ya
    Trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana klo nama saya tertulis 2x,nama saya nadia khairunnisak, terus tertulis di tiket nya nadia khairunnisak khairunnisak?

      Delete
    2. Akhirnya jadi gimanq mba? Saya mengalami nasib yg sama kayak mba nih

      Delete
  5. Mau tanya gan kl salah tanggal lahir bayi itu bagaimana gan

    ReplyDelete
  6. mau nanya dong gan, temen ane udah beli tiket tapi dia gajadi berangkat dari pada hangus gitu aja, ane gantiin bisa ga ?

    ReplyDelete
  7. Kalo terlebih nama 4 huruf bisa di deilet gk ya ??nama terakhir

    ReplyDelete
  8. Klo terlebih 4 huruf nana terakhir nya di hapus gi mana ya ??tlg bls

    ReplyDelete
  9. Gw pesen tiket harus nya nama gw A B tp yg gw tulis cuma A ajj apa kah bisa gak? Marga nya gw lupa nulis di tiket

    ReplyDelete
  10. Bisa ditambah 1 hruf. Marga nya jadi inisial, misal Mawar Siregar di ktp tp di tiket cuma Mawar/Mawar Mrs jadi nanti dirubahnya Mawar S/Mawar S Mrs. Kalo ga lebih dari 3 huruf free untuk lion batik wings (peraturan sampai saat ini).

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Soal Bahasa Inggris Kelas IV SD Beserta Kunci Jawaban

Grand strategi menurut michael porter

Grand Strategy