Bauran Pemasaran Jasa (Service Marketing Mix)
Bauran pemasaran jasa memiliki delapan komponen yang diibaratkan dengan perahu lomba kecil yang digerakkan oleh delapan pendayung dimana kecepatan perahu sangat dipengaruhi oleh kemampuan masing-masing fisik si pendayung.Sinergi dan integrasi serupa dibutuhkan dalam persaingan jasa dimana dirijen yang mengemudikan perahu, menentukan irama, memotivasi awak perahu, dan mengawasi perahu pesaing yang merupakan metafora manajemen. Lovelock.Wright (2007:18) 1. Elemen Produk ( product ) Manajer harus memilih fitur-fitur produk inti (baik barang maupun Jasa) dan beberapa elemen jasa pelengkap yang mengelilinginya. Dengan merujuk manfaat yang diinginkan pelanggan dan beberapa tinggi daya saing produk tersebut. 2. Tempat dan waktu ( place and time ) Pengiriman elemen produk ke pelanggan melibarkan keputusan tentang tempat dan waktu pengiriman dan mungkin melibatkan saluran distribusi fisik mau...