Bauran Pemasaran Jasa (Service Marketing Mix)


Bauran pemasaran jasa memiliki delapan komponen yang diibaratkan dengan perahu lomba kecil yang digerakkan oleh delapan pendayung dimana kecepatan perahu sangat dipengaruhi oleh kemampuan masing-masing fisik si pendayung.Sinergi dan integrasi serupa dibutuhkan dalam persaingan jasa dimana dirijen yang mengemudikan perahu, menentukan irama, memotivasi awak perahu, dan mengawasi perahu pesaing yang merupakan metafora manajemen. Lovelock.Wright (2007:18)

1.      Elemen Produk (product)
      Manajer harus memilih fitur-fitur produk inti (baik barang maupun Jasa) dan beberapa elemen jasa pelengkap yang mengelilinginya. Dengan merujuk manfaat yang diinginkan pelanggan dan beberapa tinggi daya saing produk tersebut.
2.  Tempat dan waktu (place and time)
    Pengiriman elemen produk ke pelanggan melibarkan keputusan tentang tempat dan waktu pengiriman dan mungkin melibatkan saluran distribusi fisik maupun elektronik (atau keduanya), bergantung pada sifat jasa yang diberikan. Perusahaan dapat mengirim jasa kepada pelanggan secara langsung atau melalui organisasi perantara, seperti toko ritel yang dimiliki perusahaan lain,yang mendapat komisi berupa persentase harga jual untuk melakukan hal yang terkait dengan penjualan,pelayanan,atau berhubungan dengan pelanggan.
3. Proses (process)
  Untuk menciptakan dan menyampaikan elemen produk kepada pelanggan diperlukan desain dan implementasi dari proses yang efektif. Sebuah proses menjelaskan metode dan urutan kerja dari sistem yang beroperasi.Proses yang desainnya buruk akan mengganggu pelanggan karena keterlambatan, birokrasi dan penyampaian jasa yang tidak efektif.
4. Produktifitas dan Kualitas (productivity and quality)
                 Produktivitas dan kualitas yang sering dipisahkan satu sama lain harus dilihat dari dua sisi mata uang yang sama. Tidak ada perusahaan jasa yang sanggup menangani kedua elemen ini secara sendiri-sendiri.Meningkatkan produktivitas sangat penting untuk menjaga tingkat layanan yang tidak disukai pelanggan, berperan pengting bagi diferensiasi produk dan bagi pembentukan loyalitas pelanggan. Tetapi investasi untuk peningkatan kualitas tanpa menyadari keseimbangan antara peningkatan biaya dan peningkatan pendapatan membahayakan keuntungan perusahaan.
5. Orang (people)
Banyak jasa bergantung pada interaksi langsung dari ptibadi antara pelanggan dan    karyawan perusahaan. Sifat dari interaksi ini sangat mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap kualitas jasa.Pelanggan sering menilai kualitas jasa yang mereka terima berdasarkan penilaian terhadap orang-orang yang menyediakan jasa tersebut.
6 .Promosi dan Edukasi (promotion and education)
    Tidak satu pemasaranpun yang berhasil tanpa program komunikasi efektif yang memberikan promosi dengan pendidikan karena komponen ini memberikan tiga peran penting yaitu menyediakan informasi dan saran yang dibutuhkan, membujuk pelanggan sasaran tentang kelebihan suatu produk, dan mendorong pelanggan untuk mengambil tindakan pada suatu waktu.Komunikasi ini dapat disampaikan melalui media seperti televisi, radio, majalah, surat kabar dan situs web.
7. Bukti Fisik (physical evidence)
Gedung, tanah, kendaraan, perabotan interior, perlengkapan, anggota staf, bukti barang cetakan, dan petunjuk yang terlihat lainnya yang member bukti atas kualitas jasa. Perusahaan jasa perlu mengelola bukti fisik secara hati-hati karena dapat mempengaruhi kesan pelanggan.Dalam jasa hanya memiliki sedikit elemen berwujud, seperti asuransi yang menggunakan iklan untuk menciptakan lambing-lambang bermankna tertentu.
8. Harga (price)
   Harga dan komponen biaya jasa lainnya memperlihatkan kepada manajemen berbagai biaya yang ditimbulkan pelanggan dalam memperoleh manfaat suatu produk jasa. Tanggung jawab tidak hanya terbatas pada tugas penentuan harga tradisional dalam menetapkan harga jual kepada pelanggan,menetapkan marjin penjualan dan , bila memungkinkan, mencari cara intuk menimimalkan biaya yang harus ditanggung pelanggan dalam membeli dan menggunakan jasa termasuk waktu,mental,fisik dan pengalaman buruk. 

Ditulis untuk memenuhi Tugas  akhir Fakultas Ekonomi Universitas Nasional 
Oleh : Yeni Inayah 10-032

Comments

Popular posts from this blog

Soal Bahasa Inggris Kelas IV SD Beserta Kunci Jawaban

Grand strategi menurut michael porter

Grand Strategy