Bauran Pemasaran Jasa (Service Marketing Mix)
Bauran pemasaran jasa
memiliki delapan komponen yang diibaratkan dengan perahu lomba kecil yang
digerakkan oleh delapan pendayung dimana kecepatan perahu sangat dipengaruhi
oleh kemampuan masing-masing fisik si pendayung.Sinergi dan integrasi serupa
dibutuhkan dalam persaingan jasa dimana dirijen yang mengemudikan perahu,
menentukan irama, memotivasi awak perahu, dan mengawasi perahu pesaing yang
merupakan metafora manajemen. Lovelock.Wright (2007:18)
1.
Elemen Produk (product)
Manajer harus memilih fitur-fitur produk
inti (baik barang maupun Jasa) dan beberapa elemen jasa pelengkap yang
mengelilinginya. Dengan merujuk manfaat yang diinginkan pelanggan dan beberapa
tinggi daya saing produk tersebut.
2.
Tempat dan waktu (place and time)
Pengiriman
elemen produk ke pelanggan melibarkan keputusan tentang tempat dan waktu
pengiriman dan mungkin melibatkan saluran distribusi fisik maupun elektronik
(atau keduanya), bergantung pada sifat jasa yang diberikan. Perusahaan dapat
mengirim jasa kepada pelanggan secara langsung atau melalui organisasi
perantara, seperti toko ritel yang dimiliki perusahaan lain,yang mendapat
komisi berupa persentase harga jual untuk melakukan hal yang terkait dengan
penjualan,pelayanan,atau berhubungan dengan pelanggan.
3.
Proses (process)
Untuk
menciptakan dan menyampaikan elemen produk kepada pelanggan diperlukan desain
dan implementasi dari proses yang efektif. Sebuah proses menjelaskan metode dan
urutan kerja dari sistem yang beroperasi.Proses yang desainnya buruk akan
mengganggu pelanggan karena keterlambatan, birokrasi dan penyampaian jasa yang
tidak efektif.
4.
Produktifitas dan Kualitas (productivity
and quality)
Produktivitas dan kualitas
yang sering dipisahkan satu sama lain harus dilihat dari dua sisi mata uang
yang sama. Tidak ada perusahaan jasa yang sanggup menangani kedua elemen ini
secara sendiri-sendiri.Meningkatkan produktivitas sangat penting untuk menjaga
tingkat layanan yang tidak disukai pelanggan, berperan pengting bagi diferensiasi
produk dan bagi pembentukan loyalitas pelanggan. Tetapi investasi untuk
peningkatan kualitas tanpa menyadari keseimbangan antara peningkatan biaya dan
peningkatan pendapatan membahayakan keuntungan perusahaan.
5.
Orang (people)
Banyak
jasa bergantung pada interaksi langsung dari ptibadi antara pelanggan dan karyawan perusahaan. Sifat dari interaksi
ini sangat mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap kualitas jasa.Pelanggan
sering menilai kualitas jasa yang mereka terima berdasarkan penilaian terhadap orang-orang
yang menyediakan jasa tersebut.
6 .Promosi
dan Edukasi (promotion and education)
Tidak satu pemasaranpun yang berhasil tanpa
program komunikasi efektif yang memberikan promosi dengan pendidikan karena
komponen ini memberikan tiga peran penting yaitu menyediakan informasi dan
saran yang dibutuhkan, membujuk pelanggan sasaran tentang kelebihan suatu
produk, dan mendorong pelanggan untuk mengambil tindakan pada suatu
waktu.Komunikasi ini dapat disampaikan melalui media seperti televisi, radio,
majalah, surat kabar dan situs web.
7.
Bukti Fisik (physical evidence)
Gedung,
tanah, kendaraan, perabotan interior, perlengkapan, anggota staf, bukti barang
cetakan, dan petunjuk yang terlihat lainnya yang member bukti atas kualitas
jasa. Perusahaan jasa perlu mengelola bukti fisik secara hati-hati karena dapat
mempengaruhi kesan pelanggan.Dalam jasa hanya memiliki sedikit elemen berwujud,
seperti asuransi yang menggunakan iklan untuk menciptakan lambing-lambang
bermankna tertentu.
8.
Harga (price)
Harga dan komponen biaya jasa lainnya
memperlihatkan kepada manajemen berbagai biaya yang ditimbulkan pelanggan dalam
memperoleh manfaat suatu produk jasa. Tanggung jawab tidak hanya terbatas pada
tugas penentuan harga tradisional dalam menetapkan harga jual kepada
pelanggan,menetapkan marjin penjualan dan , bila memungkinkan, mencari cara
intuk menimimalkan biaya yang harus ditanggung pelanggan dalam membeli dan
menggunakan jasa termasuk waktu,mental,fisik dan pengalaman buruk.
Ditulis untuk memenuhi Tugas akhir Fakultas Ekonomi Universitas Nasional
Oleh : Yeni Inayah 10-032
Comments
Post a Comment