Soal-Soal Pemasaran Stratejik


1.      A. Jelaskan keunggulan perusahaan pioneer menurut D’Aveni dan Brown mengenai 9 aspek
Jawab :
. Citra dan Reputasi
. Loyalitas Merek
. Pemimpin Teknologi
. Pembentuk Pasar
. Penentu Standar Produk
. Akses Distribusi
. Hambatan Masuk berupa
  Paten
. Efek Belajar
. Basis Pelanggan yang besar
  dan Switching Cost

B.Keunggulan ini harus diatasi dengan 4 keterampilan, Sebutkan :
Jawab :
Strategi Defensif
            Strategi ini membuat suatu aksi melindungi perusahan terhadap produk baru yang dikeluarkan pesaing yang meraih sukses di pasar
Strategi imitatif
            Strategi untuk meniru produk baru yang dihasilkan pesaing sebelum produk tersebut merebut pasaran yang kuat. Contoh : industri fashion dan desain
Strategi second but better
            Strategi ini bertujuan untuk melakukan tindakan dengan menunggu hasil pemasaran produk baru dari pesaingnya, selanjutnya perusahaan bukan hanya meniru produknya tapi mengembangkannya menjadi produk yang lebih baik.
     Syaratnya : perusahaan harus fleksibel dan efisiensi
Strategi responsif

2.      A.Menurut  Cravens, untuk mengukur brand performance harus dilakukan 6 hal yaitu?
-Mengukur loyalitas pelanggan dengan harga premium
-Mengukur keunggulan memimpin pasar
-Mengadakan asosiasi dengan menyamakan segala persepsi
-Brand awareness
-Mengukur prilaku pasar

B.Kelanggengan suatu merk dapat dikaji banyak persepsi diantaranya ekonomika dan manajemen teknologi menut ciptono,jelaskan
*Bahwa teknologi berpengaruh besar pada umur suatu merk , karena dengan teknologi ,informasi yang didapatkan konsumen semakin mudah dan prilaku konsumen yang ingin mencoba merk baru membuatnya meninggalkan merk lama ditambah lagi dengan pertumbuhan ekonomi yang membuat konsumen memiliki kepercayaan diri tinggi untuk membeli produk dengan merek yang mapan.
3.A.Jelaskan mengenai 5c pada pricing strategy ?
1. Prestige Pricing / Harga Prestis
        Strategi harga Prestige Price adalah menetapkan harga yg tinggi demi membentuk image kualitas produk yg tinggi yg umumnya dipakai untuk produk shopping dan specialty. Contoh : roll royce, rolex, guess, dan lain sebagainya.

2. Odd Pricing / Harga Ganjil
        Strategi harga odd price adalah menetapkan harga yg ganjil atau sedikit di bawah harga yg telah ditentukan dgn tujuan secara psikologis pembeli akan mengira produk yg akan dibeli lebih murah.

3. Multiple-Unit Pricing / Harga Rabat
        Strategi harga multiple unit price adalah memberikan potongan harga tertentu apabila konsumen membeli produk dalam jumlah yg banyak. Contoh : Jika harga sebuah sebungkus indomie goreng pedas adalah Rp. 1.500,- maka konsumen cukup membayar Rp. 1.ooo,- perbungkus jika membeli satu dus isi 40 bungkus indomie.

4.Price Lining / Harga Lini
         Strategi harga lining pricing adalah memberikan cakupan harga yg berbeda pada lini produk yg beda.

5. Leader Pricing / Pemimpin Harga
        Strategi harga leader price adalah menetapkan harga lebih rendah daripada harga pasar / harga normal untuk meningkatkan omset penjualan / pembeli.
   B. Peranan pricing strategy pada positioning strategy
           Harga dalam strategi posisi (Price In The Positioning Strategy)     Harga ialah satu bagian penting dari strategi posisi. Kemudian keputusan penetapan harga membutuhkan koordinasi dengan keputusan-keputusan untuk seluruh komponen posisi. Berikut komponen-komponen yang dikenal dalam strategi posisi harga.



4 Promotion strategy
   A.Jelaskan 9 elemen-elemen atau cara berkomunikasi didalam bauran pemasaran?
·         Iklan : Adalah struktur informasi dan susunan komunikasi non personal yang dibiayai dan bersifat persuasif dan promosi tentang produk, jasa atau ide oleh sponsor yang teridentifikasi melalui berbagai macam media.
·         Promosi penjualan : Berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong percobaan atau pembelian produk atau jasa.
·         Acara dan pengalaman : Kegiatan dan program yang disponsori perusahaan yang dirancang untuk menciptakan interaksi harian atau interaksi yang berhubungan dengan merek tertentu.
·         Hubungan masyarakat dan publisitas : Beragam program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau produk individunya.
·         Pemasaran langsung : Penggunaan surat, telepon, faksimile, e-mail, atau internet untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau meminta respon atau dialog dari pelanggan.
·         Pemasaran interaktif : Kegiatan dan program online yang dirancang untuk melibatkan pelanggan dan secara langsung atau tidak langsung meningkatkan kesadaran, memperbaiki citra, dan menciptakan penjualan produk dan jasa.
·         Pemasaran dari mulut ke mulut : Komunikasi lisan, tertulis, dan elektronik antarmasyarakat yang berhubungan dengan keunggulan atau pengalaman membeli atau menggunakan produk atau jasa.
·         Penjualan personal : Interaksi tatap muka dengan satu atau lebih pembeli prospektif untuk tujuan melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan pengadaan pesanan.



  B. Jelaskan tujuan pemasaran!
Tujuan pemasaran adalah mengedukasi konsumen tentang produk yang ditawarkan oleh produsen dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus sebagai promosi agar konsumen tertarik pada produk tersebut dan melakukan pembelian sehingga akan memberikan keuntugan bagi perusahaan.

5 ,Jelaskan 4 macam tujuan penjualan dan distribusi
a.         Pemerataan pemenuhan masyarakat di berbagai daerah,
b.         Menstabillkan harga barang/jasa,
c.         Menjaga kelangsungan hidup perusahasaan,
d.         Menjaga kesinambungan kegiatan produksi, serta
e.         Mempercepat sampainya produksi ke tangan konsumen
6. A.Mengapa perlu dilakukan drivers of interorganizational relationshop ?
Dalam organisasi mesti ada kepala yang berperan sebagai penggerak untuk dapat melakukan inovasi dan pengembangan produk sehingga dapat menambah value bagi produk itu sendiri.
B. Bagaimana strategi interorganisasi dapat meningkatkan value?
Pada saat strategi hubungan antar organisasi dapat berjalan lancar maka ini akan menciptakan kerjasama yang baik sehingga kepala bagian tertentu akan mengetahui sejauh mana keinginan pasar sehingga dapat melakukan perbaikan secara terus menerus.
Soal I
A.Jelaskan pengertian 2 unsur produk
Pemilihan pasar sasaran yaitu menyaring siapa target pasar yang akan dijadikan konsumen pertama pada produk kita baik dari segi usia,jenis kelamin,pendapatan dan kebutuhan serta keinginannya sedangkan tipe permintaan yaitu segala jenis permintaan yang diminati oleh pasar harus dispesifikasikan lagi agar dalam proses pendistribusiannya tepat sasaran.

B.Jelaska pengertian strategi permintaan primer dan sekunder ?
Strategi permintaan primer yaitu cara yang dilakukan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pokok yang belum didapatkan oleh pasar dengan penetapan harga dan promosi yang berbeda sedangkan strategi pemasaran sekunder memiliki spesifikasi yang lain. Strategi yang ditetapkan pun akan lebih tinggi dibanding primer dan pasar sasaran nya tidak menutup kemungkinan akan berbeda.
Soal II
A.Jelaskan secara singkat strategi apa saja yang ditempuh oleh perusahaan dominan ,pemimpin pasar,penantang pasar ,pengikut pasar dan penceruk pasar?
Peusahaan dominan akan mendominasi produk-produk baru di pasar dengan berbagai pilihan,pemimpin pasar akan menerapkan strategi harga tinggi karena dia sudah mengetahui kapasitas pasar terhadap produknya.penantang pasar adalah mereka yang berani berinovasi walaupun belum tau benar kondisi pasar seperti apa sedangkan para pengikut pasar akan menciptakan produk yang sedang banyak peminatnya sehingga terhindar dari resiko namun keunikan lain ada pada
Penceruk pasar dimana ia mengamati apa yang belum terpenuhi kebutuhanya dipasar.

Soal III
A, Elemen utama keputusan branding
1. Keputusan branding
Yakni keputusan menyangkut apakah akan menggunakan merek atau tidak untuk merek yang dihasilkan, branding berlaku untuk semua jenis produk, yaitu dengan cara memberikan nama pada produk dan menyertakan makna atau arti khusus menyangkut apa yang ditawarkan produk bersangkutan dan apa yang membedakan produknya dari produk pesaing.

2. Keputusan brand sponsor
Yakni keputusan berkenaan dengan siapa yang harus mensponsori merek. Setiap organisasi pemasaran memiliki tiga pilihan utama :

3. Keputusan brand hierarchy
Yaitu keputusan menyangkut apakah setiap produk perlu diberi merek sendiri ataukah menggunakan corporate brand. Menurut Keller yang dikutip dari Tjiptono (2005,p15) hirarki merek meliputi 4 level, yaitu
a. Corporate brand
b. Family brand
c. Individual brand.
d. Modifier,

4. Keputusan brand extension
Yakni keputusan menyangkut apakah nama merek spesifik perlu diperluas pada merek-merek lain. Dalam brand extension, nama merek yang telah terbukti sukses dipakai untuk meluncurkan produk baru atau produk modifikasi dalam kategori produk baru. Brand extension memiliki sejumlah keunggulan


5. Keputusan multibrand
Yakni mengembangan dua atau lebih merek dalam kategori yang sama. Multibranding memungkinkan perushaan mendapatkan tempat yang lebih besar di rakrak pajangan pengecer.

6. Keputusan brand repositioning
Yaitu keputusan untuk mengubah produk dan citranya agar dapat lebih memenuhi ekspektasi palanggan. Repositioning bisa pula dilakukan dengan hanya mengubah citera produk. Lebih lanjut, tersedia pula berbagai cara untuk memperluas merek dalam rangka meningkatkan nilainya, seperti menyediakan garansi kinerja, menyediakan fasilitas kredit, pengaturan dan pelayanan dan purnajual yang efektif. 

B. Kelanggengan merek menurut menurut perspektif ekonomika dan manajemen teknologi
Pada dasarnya,perspektif ekonomi dan manajemen teknologi menggambarkan ketidak abadian sebuah merek karena pergerakan zaman akan mempengaruhi merek. Namun bila merek tersebut terus dipromosikan maka tidak menutup kemungkinan bahwa merek tersebut semakin menjadi asset bagi perusahaan karena mampu mempertahankan kepamorannya.
Soal IV
A.sebutkan enam macam tipe produk
(1) produk baru dengan penciptaan pasar yang baru (new to the world products),
(2) produk baru dengan pertama kali memasuki pasar yang sudah ada untuk produk semacam (new product lines),
(3) produk baru hasil modifikasi produk lama (additions to existing product lines),
(4) produk baru untuk menggantikan produk yang ada untuk meningkatkan kinerja dan nilai (improvements and revisions to existing products),
(5) produk yang ada yang ditargetkan untuk pasar baru atau segmen baru (repositionings),
(6) produk baru dengan harga lebih rendah (cost reductions).

Soal V
A.Jelaskan pengertian harga berdasarkan spesifikasinya:
-Harga adalah nilai dari suatu produk.Harga selalu berbanding lurus dengan kualitas karena pengorbanan yang diberikan konsumen merupakan kualitas nilai yang harus dia dapatkan.
-Harga determinasi utama dari permintaan, sejalan dengan ekonomi mikro harga naik turun sesuai dengan pergerakan permintaan pasar terhadap barang dan komoditas tertentu.
-Harga mempengaruhi citra dan strategi positioning karena harga  merupakan cerminan pribadi konsumen sehingga hal ini juga yang membuat perusahaan memiliki strategi harga tertentu pada segmen pasar tertentu.


B. tipe-tipe program penerapan harga
Penetapan harga penetrasi yaitu penetapan harga yang lebih rendah untuk mencapai keuntungan yang lebih besar jika dalam pasar dominan
Penetapan harga premium yaitu penetapan harga tinggi untuk barang tertentu
Penetapan harga paritas yaitu penetapan harga setandar sesuai harga pasar
Soal VI
A.Jelaskan pengertian komunikasi pemasaran terintegrasi
Yaitu sebuah proses perencaan komunikasi pemasaran yang memperkenalkan konsep perancangan konferehensif untuk mengevaluasi peranan stratefii dari berbagai elemen komunikasi.
B. Tahapan komunikasi pemasaran
 tahap kognitif (pengetahuan), afektif (perasaan), dan baru terjadinya konatif (tindakan). karena tahap ini sudah menjadi sebuah hirarki dalam komunikasi pemasaran. dari contoh kasus yg km berikan jelas nampak aspek afektifnya. dmn sesorang ingin melakukan perpindahan keputusan pembelian ke merek lain itu disebabkan oleh pengetahuan (aspek kognitif) ttg merek lain ternyata lebih baik drpd merek yg sebelumnya, dan kemudian timbul perasaan (aspek afektif) ingin mencoba merek lain tersebut yg disebabkan oleh terpaan iklan yg berlebih mengenai iklan tersebut atau dr mouth to mouth, kemudian berlanjut pada tahap melakukan tindakan (aspek konatif) perpindahan merek.
Soal I
A.Jelaskan apa yang dimaksud Merek?
Merek adalah suatu nama, simbol, tanda, desain atau gabungan di antaranya untuk dipakai sebagai identitas suatu perorangan, organisasi atau perusahaan pada barang dan jasa yang dimiliki untuk membedakan dengan produk jasa lainnya. 
B.Jelaskan Fungsi Merek
·         Tanda Pengenal untuk membedakan hasil produksi yang dihasilkan seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum dengan produksi orang lain atau badan hukum lainnya.
·         Sebagai alat promosi, sehingga mempromosikan hasil produksinya cukup dengan menyebutkan mereknya.
·         Sebagai jaminan atas mutu barangnya.
·         Menunjukkan asal barang/jasa dihasilkan.
Soal II
A.jelaskan pengertian Brand extention
Brand extension adalah strategi yang paling popular saat ini untuk memperkenalkan produk baru dalam kategori produk yang berbeda dengan menggunakan merek induk yang telah terlebih dahulu memasuki pasar untuk mendongkrak penjualan dengan menggunakan ketenaran merek induk.
B. Jelaskan pengertian CO-Branding
Co-branding (penggabungan merek) merupakan tindakan menggunakan
nama merek terkenal dari dua perusahaan yang berbeda atas produk yang sama
Soal III
A.Sebutkan fungsi-fungsi distribusi
Menurut Kotler (1991 : 279) Saluran distribusi adalah sekelompok perusahaan atau perseorangan yang memiliki hak pemilikan atas produk atau membantu memindahkan hak pemilikan produk atau jasa ketika akan dipindahkan dari produsen ke konsumen.

B.Sebutkan perbedaan saluran Distribusi Barang dan Jasa
Pada Proses distribusi barang biasanya memerlukan adanya inventori , waktu yang cukup lama dari proses penggunaan barang tersebut sedankan pada proses distribusi jasa,penggunaan nilai oleh konsumen bersamaan dengan saat pendistribusian.
Soal IV
A,Sebutkan pengertian dibawah ini
_ Distribusi konvensional adalah pendistribusian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dengan cara yang biasa digunakan oleh perusahaan.
_Sistem pemasaran vertikal adalah Sistem pemasaran vertikal terdiri atas produsen, pedagang besar, dan pengecer yang bertindak sebagai sistem yang menyatu. Pemimpin saluran, memiliki anggota lainnya atau memberikan hak waralaba terhadap mereka atau memiliki kekuatan yang begitu besar sehingga mereka semua bekerjasama.
_Sistem pemasaran horizontal adalah Sistem pemasaran vertikal terdiri atas produsen, pedagang besar, dan pengecer yang bertindak sebagai sistem yang menyatu. Pemimpin saluran, memiliki anggota lainnya atau memberikan hak waralaba terhadap mereka atau memiliki kekuatan yang begitu besar sehingga mereka semua bekerjasama.
B. Tujuan saluran distribusi
Tujuan distribusi adalah untuk menyampaikan barang dan jasa dari tempat produsen ke tempat pengguna atau pemakai.
Soal V
Jelaskan pengertian dibawah ini
o   Distribusi Ekslusif
Distribusi ini sangat membatasi jumlah perantara, distribusi ini digunakkan apabila produsen ingin tetap memegang kendali  atas tingkat dan keluaran layanan yang ditawarkan perantara tersebut.
o                  Distribusi Selektif
Distribusi ini melibatkan penggunaan lebih dari beberapa tetapi tidak semua perantara yang bersedia menjual produk tertentu.  Strategi tersebut digunakkan perusahaan – perusahaan mapan dan perusahaan baru yang  mencari distributor.
o   Distribusi Intensif
Distribusi ini terdiri atas produsen yang menempatkan barang dan jasanya dibenyak mungkin.  Strategi ini umunya digunakkan untuk jenis-jenis barang seperti produk tembakau, sabun, makanan ringan dan permen karet karena untuk produk -  produk ini konsumen memerlukan kenyaman lokasi yang sangat banyak.



Soal VI
A.Tujuan penetapan harga
1.      Mencapai target pengembalian investasi atau tingkat penjualan neto suatu perusahaan.
2.      Memaksimalkan profit
3.      Alat persaingan terutama untuk perusahaan sejenis
4.      Menyeimbangkan harga itu sendiri.

B. Apa perlunya perusahaan mengevaluasi analisis pesaing yaitu agar perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan yang memproduksi barang sejenis.mengadopsi langkah-langkah dan inovasi baru dari pesaing sehingga pasar yang kita miliki tidak direbut oleh pesaing.

Comments

Popular posts from this blog

Soal Bahasa Inggris Kelas IV SD Beserta Kunci Jawaban

Grand strategi menurut michael porter

Grand Strategy