Soal-Soal Pemasaran Stratejik
1.
A. Jelaskan
keunggulan perusahaan pioneer menurut D’Aveni dan Brown mengenai 9 aspek
Jawab :
. Citra dan Reputasi
. Loyalitas Merek
. Pemimpin Teknologi
. Pembentuk Pasar
. Penentu Standar Produk
. Akses Distribusi
. Hambatan Masuk berupa
Paten
. Efek Belajar
. Basis Pelanggan yang besar
dan Switching
Cost
B.Keunggulan ini harus diatasi dengan 4
keterampilan, Sebutkan :
Jawab :
Strategi Defensif
Strategi
ini membuat suatu aksi melindungi perusahan terhadap produk baru yang
dikeluarkan pesaing yang meraih sukses di pasar
Strategi imitatif
Strategi
untuk meniru produk baru yang dihasilkan pesaing sebelum produk tersebut
merebut pasaran yang kuat. Contoh : industri fashion dan desain
Strategi second but better
Strategi
ini bertujuan untuk melakukan tindakan dengan menunggu hasil pemasaran produk
baru dari pesaingnya, selanjutnya perusahaan bukan hanya meniru produknya tapi
mengembangkannya menjadi produk yang lebih baik.
Syaratnya :
perusahaan harus fleksibel dan efisiensi
Strategi responsif
2.
A.Menurut Cravens,
untuk mengukur brand performance harus dilakukan 6 hal yaitu?
-Mengukur loyalitas pelanggan dengan harga premium
-Mengukur keunggulan
memimpin pasar
-Mengadakan asosiasi
dengan menyamakan segala persepsi
-Brand awareness
-Mengukur prilaku
pasar
B.Kelanggengan suatu
merk dapat dikaji banyak persepsi diantaranya ekonomika dan manajemen teknologi
menut ciptono,jelaskan
*Bahwa teknologi berpengaruh besar
pada umur suatu merk , karena dengan teknologi ,informasi yang didapatkan
konsumen semakin mudah dan prilaku konsumen yang ingin mencoba merk baru
membuatnya meninggalkan merk lama ditambah lagi dengan pertumbuhan ekonomi yang
membuat konsumen memiliki kepercayaan diri tinggi untuk membeli produk dengan
merek yang mapan.
3.A.Jelaskan
mengenai 5c pada pricing strategy ?
1. Prestige Pricing / Harga Prestis
Strategi harga Prestige Price adalah
menetapkan harga yg tinggi demi membentuk image kualitas produk yg tinggi yg
umumnya dipakai untuk produk shopping dan specialty. Contoh : roll royce,
rolex, guess, dan lain sebagainya.
2. Odd Pricing / Harga Ganjil
Strategi harga odd price adalah
menetapkan harga yg ganjil atau sedikit di bawah harga yg telah ditentukan dgn
tujuan secara psikologis pembeli akan mengira produk yg akan dibeli lebih
murah.
3. Multiple-Unit Pricing / Harga Rabat
Strategi harga multiple unit price
adalah memberikan potongan harga tertentu apabila konsumen membeli produk dalam
jumlah yg banyak. Contoh : Jika harga sebuah sebungkus indomie goreng pedas
adalah Rp. 1.500,- maka konsumen cukup membayar Rp. 1.ooo,- perbungkus jika
membeli satu dus isi 40 bungkus indomie.
4.Price Lining / Harga Lini
Strategi harga lining pricing adalah
memberikan cakupan harga yg berbeda pada lini produk yg beda.
5. Leader Pricing / Pemimpin Harga
Strategi harga leader price adalah
menetapkan harga lebih rendah daripada harga pasar / harga normal untuk
meningkatkan omset penjualan / pembeli.
B. Peranan pricing strategy pada positioning
strategy
Harga dalam strategi posisi (Price In The
Positioning Strategy) Harga ialah
satu bagian penting dari strategi posisi. Kemudian keputusan penetapan harga
membutuhkan koordinasi dengan keputusan-keputusan untuk seluruh komponen
posisi. Berikut komponen-komponen yang dikenal dalam strategi posisi harga.
4 Promotion
strategy
A.Jelaskan 9 elemen-elemen atau cara
berkomunikasi didalam bauran pemasaran?
·
Iklan :
Adalah struktur informasi dan susunan komunikasi non personal yang dibiayai dan
bersifat persuasif dan promosi tentang produk, jasa atau ide oleh sponsor yang
teridentifikasi melalui berbagai macam media.
·
Promosi penjualan : Berbagai insentif jangka pendek
untuk mendorong percobaan atau pembelian produk atau jasa.
·
Acara dan pengalaman : Kegiatan dan program yang
disponsori perusahaan yang dirancang untuk menciptakan interaksi harian atau
interaksi yang berhubungan dengan merek tertentu.
·
Hubungan masyarakat dan publisitas : Beragam program
yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau produk
individunya.
·
Pemasaran langsung : Penggunaan surat, telepon,
faksimile, e-mail, atau internet untuk berkomunikasi secara langsung dengan
atau meminta respon atau dialog dari pelanggan.
·
Pemasaran interaktif : Kegiatan dan program online yang
dirancang untuk melibatkan pelanggan dan secara langsung atau tidak langsung
meningkatkan kesadaran, memperbaiki citra, dan menciptakan penjualan produk dan
jasa.
·
Pemasaran dari mulut ke mulut : Komunikasi lisan,
tertulis, dan elektronik antarmasyarakat yang berhubungan dengan keunggulan
atau pengalaman membeli atau menggunakan produk atau jasa.
·
Penjualan personal : Interaksi tatap muka dengan satu
atau lebih pembeli prospektif untuk tujuan melakukan presentasi, menjawab
pertanyaan, dan pengadaan pesanan.
B. Jelaskan tujuan pemasaran!
Tujuan pemasaran
adalah mengedukasi konsumen tentang produk yang ditawarkan oleh produsen dalam
rangka memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus sebagai promosi agar konsumen
tertarik pada produk tersebut dan melakukan pembelian sehingga akan memberikan
keuntugan bagi perusahaan.
5 ,Jelaskan 4 macam
tujuan penjualan dan distribusi
a. Pemerataan
pemenuhan masyarakat di berbagai daerah,
b. Menstabillkan
harga barang/jasa,
c. Menjaga
kelangsungan hidup perusahasaan,
d. Menjaga
kesinambungan kegiatan produksi, serta
e. Mempercepat
sampainya produksi ke tangan konsumen
6. A.Mengapa perlu
dilakukan drivers of interorganizational relationshop ?
Dalam organisasi mesti ada kepala yang berperan sebagai penggerak untuk
dapat melakukan inovasi dan pengembangan produk sehingga dapat menambah value
bagi produk itu sendiri.
B. Bagaimana
strategi interorganisasi dapat meningkatkan value?
Pada saat strategi hubungan antar organisasi dapat berjalan lancar maka ini
akan menciptakan kerjasama yang baik sehingga kepala bagian tertentu akan
mengetahui sejauh mana keinginan pasar sehingga dapat melakukan perbaikan
secara terus menerus.
Soal I
A.Jelaskan pengertian 2 unsur
produk
Pemilihan pasar sasaran yaitu
menyaring siapa target pasar yang akan dijadikan konsumen pertama pada produk
kita baik dari segi usia,jenis kelamin,pendapatan dan kebutuhan serta
keinginannya sedangkan tipe permintaan yaitu segala jenis permintaan yang
diminati oleh pasar harus dispesifikasikan lagi agar dalam proses
pendistribusiannya tepat sasaran.
B.Jelaska
pengertian strategi permintaan primer dan sekunder ?
Strategi permintaan primer yaitu cara yang dilakukan perusahaan dalam
memenuhi kebutuhan pokok yang belum didapatkan oleh pasar dengan penetapan
harga dan promosi yang berbeda sedangkan strategi pemasaran sekunder memiliki
spesifikasi yang lain. Strategi yang ditetapkan pun akan lebih tinggi dibanding
primer dan pasar sasaran nya tidak menutup kemungkinan akan berbeda.
Soal II
A.Jelaskan secara
singkat strategi apa saja yang ditempuh oleh perusahaan dominan ,pemimpin
pasar,penantang pasar ,pengikut pasar dan penceruk pasar?
Peusahaan dominan akan mendominasi produk-produk baru di pasar dengan
berbagai pilihan,pemimpin pasar akan menerapkan strategi harga tinggi karena
dia sudah mengetahui kapasitas pasar terhadap produknya.penantang pasar adalah
mereka yang berani berinovasi walaupun belum tau benar kondisi pasar seperti
apa sedangkan para pengikut pasar akan menciptakan produk yang sedang banyak
peminatnya sehingga terhindar dari resiko namun keunikan lain ada pada
Penceruk pasar dimana ia mengamati apa yang belum terpenuhi kebutuhanya
dipasar.
Soal III
A, Elemen utama
keputusan branding
1. Keputusan branding
Yakni keputusan menyangkut apakah akan menggunakan merek
atau tidak untuk merek yang dihasilkan, branding berlaku untuk semua jenis
produk, yaitu dengan cara memberikan nama pada produk dan menyertakan makna
atau arti khusus menyangkut apa yang ditawarkan produk bersangkutan dan apa
yang membedakan produknya dari produk pesaing.
2. Keputusan brand sponsor
Yakni keputusan berkenaan dengan siapa yang harus
mensponsori merek. Setiap organisasi pemasaran memiliki tiga pilihan utama :
3. Keputusan brand hierarchy
Yaitu keputusan menyangkut apakah setiap produk perlu diberi
merek sendiri ataukah menggunakan corporate brand. Menurut Keller yang dikutip
dari Tjiptono (2005,p15) hirarki merek meliputi 4 level, yaitu
a. Corporate brand
b. Family brand
c. Individual brand.
d. Modifier,
4. Keputusan brand extension
Yakni keputusan menyangkut apakah nama merek spesifik perlu
diperluas pada merek-merek lain. Dalam brand extension, nama merek yang telah
terbukti sukses dipakai untuk meluncurkan produk baru atau produk modifikasi
dalam kategori produk baru. Brand extension memiliki sejumlah keunggulan
5. Keputusan multibrand
Yakni mengembangan dua atau lebih merek dalam kategori yang
sama. Multibranding memungkinkan perushaan mendapatkan tempat yang lebih besar
di rakrak pajangan pengecer.
6. Keputusan brand repositioning
Yaitu keputusan untuk mengubah produk dan citranya agar
dapat lebih memenuhi ekspektasi palanggan. Repositioning bisa pula dilakukan
dengan hanya mengubah citera produk. Lebih lanjut, tersedia pula berbagai cara
untuk memperluas merek dalam rangka meningkatkan nilainya, seperti menyediakan
garansi kinerja, menyediakan fasilitas kredit, pengaturan dan pelayanan dan
purnajual yang efektif.
B. Kelanggengan
merek menurut menurut perspektif ekonomika dan manajemen teknologi
Pada dasarnya,perspektif ekonomi dan manajemen teknologi menggambarkan
ketidak abadian sebuah merek karena pergerakan zaman akan mempengaruhi merek.
Namun bila merek tersebut terus dipromosikan maka tidak menutup kemungkinan
bahwa merek tersebut semakin menjadi asset bagi perusahaan karena mampu
mempertahankan kepamorannya.
Soal IV
A.sebutkan enam
macam tipe produk
(1) produk
baru dengan penciptaan pasar yang baru (new to the world products),
(2) produk
baru dengan pertama kali memasuki pasar yang sudah ada untuk produk semacam (new
product lines),
(3) produk
baru hasil modifikasi produk lama (additions to existing product lines),
(4) produk
baru untuk menggantikan produk yang ada untuk meningkatkan kinerja dan nilai (improvements
and revisions to existing products),
(5) produk
yang ada yang ditargetkan untuk pasar baru atau segmen baru (repositionings),
(6) produk
baru dengan harga lebih rendah (cost reductions).
Soal V
A.Jelaskan
pengertian harga berdasarkan spesifikasinya:
-Harga adalah nilai dari suatu produk.Harga selalu berbanding lurus dengan
kualitas karena pengorbanan yang diberikan konsumen merupakan kualitas nilai
yang harus dia dapatkan.
-Harga determinasi utama dari permintaan, sejalan dengan ekonomi mikro
harga naik turun sesuai dengan pergerakan permintaan pasar terhadap barang dan
komoditas tertentu.
-Harga mempengaruhi citra dan strategi positioning karena harga merupakan cerminan pribadi konsumen sehingga
hal ini juga yang membuat perusahaan memiliki strategi harga tertentu pada
segmen pasar tertentu.
B. tipe-tipe
program penerapan harga
Penetapan harga penetrasi yaitu penetapan harga yang lebih rendah untuk
mencapai keuntungan yang lebih besar jika dalam pasar dominan
Penetapan harga premium yaitu penetapan harga tinggi untuk barang tertentu
Penetapan harga paritas yaitu penetapan harga setandar sesuai harga pasar
Soal VI
A.Jelaskan
pengertian komunikasi pemasaran terintegrasi
Yaitu sebuah proses perencaan komunikasi pemasaran yang memperkenalkan
konsep perancangan konferehensif untuk mengevaluasi peranan stratefii dari
berbagai elemen komunikasi.
B.
Tahapan komunikasi pemasaran
tahap
kognitif (pengetahuan), afektif (perasaan), dan baru terjadinya konatif
(tindakan). karena tahap ini sudah menjadi sebuah hirarki dalam komunikasi
pemasaran. dari contoh kasus yg km berikan jelas nampak aspek afektifnya. dmn
sesorang ingin melakukan perpindahan keputusan pembelian ke merek lain itu
disebabkan oleh pengetahuan (aspek kognitif) ttg merek lain ternyata lebih baik
drpd merek yg sebelumnya, dan kemudian timbul perasaan (aspek afektif) ingin
mencoba merek lain tersebut yg disebabkan oleh terpaan iklan yg berlebih
mengenai iklan tersebut atau dr mouth to mouth, kemudian berlanjut pada tahap
melakukan tindakan (aspek konatif) perpindahan merek.
Soal I
A.Jelaskan apa yang
dimaksud Merek?
Merek adalah suatu nama, simbol, tanda, desain atau gabungan di antaranya
untuk dipakai sebagai identitas suatu perorangan, organisasi atau perusahaan
pada barang dan jasa yang dimiliki untuk membedakan dengan produk jasa lainnya.
B.Jelaskan Fungsi
Merek
·
Tanda Pengenal untuk membedakan hasil produksi yang
dihasilkan seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama atau badan hukum
dengan produksi orang lain atau badan hukum lainnya.
·
Sebagai alat promosi, sehingga mempromosikan hasil
produksinya cukup dengan menyebutkan mereknya.
·
Sebagai jaminan atas mutu barangnya.
·
Menunjukkan asal barang/jasa dihasilkan.
Soal II
A.jelaskan
pengertian Brand extention
Brand extension adalah strategi yang paling popular saat
ini untuk memperkenalkan produk baru dalam kategori produk yang berbeda dengan
menggunakan merek induk yang telah terlebih dahulu memasuki pasar untuk
mendongkrak penjualan dengan menggunakan ketenaran merek induk.
B. Jelaskan
pengertian CO-Branding
Co-branding (penggabungan merek)
merupakan tindakan menggunakan
nama merek terkenal dari dua
perusahaan yang berbeda atas produk yang sama
Soal
III
A.Sebutkan
fungsi-fungsi distribusi
Menurut Kotler (1991 : 279) Saluran
distribusi adalah sekelompok perusahaan atau perseorangan yang memiliki hak
pemilikan atas produk atau membantu memindahkan hak pemilikan produk atau jasa
ketika akan dipindahkan dari produsen ke konsumen.
B.Sebutkan
perbedaan saluran Distribusi Barang dan Jasa
Pada Proses distribusi barang biasanya memerlukan adanya inventori , waktu
yang cukup lama dari proses penggunaan barang tersebut sedankan pada proses
distribusi jasa,penggunaan nilai oleh konsumen bersamaan dengan saat
pendistribusian.
Soal IV
A,Sebutkan
pengertian dibawah ini
_ Distribusi konvensional adalah pendistribusian barang atau jasa dari
produsen ke konsumen dengan cara yang biasa digunakan oleh perusahaan.
_Sistem pemasaran vertikal
adalah Sistem pemasaran vertikal terdiri atas
produsen, pedagang besar, dan pengecer yang bertindak sebagai sistem yang
menyatu. Pemimpin saluran, memiliki anggota lainnya atau memberikan hak
waralaba terhadap mereka atau memiliki kekuatan yang begitu besar sehingga
mereka semua bekerjasama.
_Sistem pemasaran horizontal adalah Sistem pemasaran vertikal terdiri atas
produsen, pedagang besar, dan pengecer yang bertindak sebagai sistem yang
menyatu. Pemimpin saluran, memiliki anggota lainnya atau memberikan hak
waralaba terhadap mereka atau memiliki kekuatan yang begitu besar sehingga
mereka semua bekerjasama.
B. Tujuan
saluran distribusi
Tujuan
distribusi adalah untuk menyampaikan barang dan jasa dari tempat produsen ke
tempat pengguna atau pemakai.
Soal V
Jelaskan pengertian dibawah ini
o
Distribusi Ekslusif
Distribusi ini
sangat membatasi jumlah perantara, distribusi ini digunakkan apabila produsen
ingin tetap memegang kendali atas
tingkat dan keluaran layanan yang ditawarkan perantara tersebut.
o
Distribusi Selektif
Distribusi ini
melibatkan penggunaan lebih dari beberapa tetapi tidak semua perantara yang
bersedia menjual produk tertentu.
Strategi tersebut digunakkan perusahaan – perusahaan mapan dan
perusahaan baru yang mencari
distributor.
o
Distribusi Intensif
Distribusi ini terdiri atas produsen yang menempatkan barang dan jasanya
dibenyak mungkin. Strategi ini umunya
digunakkan untuk jenis-jenis barang seperti produk tembakau, sabun, makanan
ringan dan permen karet karena untuk produk -
produk ini konsumen memerlukan kenyaman lokasi yang sangat banyak.
Soal VI
A.Tujuan
penetapan harga
1. Mencapai target pengembalian investasi atau tingkat penjualan neto
suatu perusahaan.
2. Memaksimalkan profit
3. Alat persaingan terutama untuk perusahaan sejenis
4. Menyeimbangkan harga itu sendiri.
Comments
Post a Comment