Contoh Proposal Bisnis SKB
Jenis Usaha
·
Sepatu Shocialize
Detail Produk
·
Soesialize unisex yang di design khusus
sehingga bisa dipakai di kantor,kampus ataupun bersantai
·
Soesialize woman, sepatu yang di design
khusus untuk remaja dan wanita masa kini yang menginginkan sepatu casual dengan
berbagai model yang bisa di customisasi sesuai model yang diinginkan oleh
pelanggan.
1.Eksekutive Summary
Berbicara Fashion tidak akan ada habisnya. Seiring
berkembangnya informasi dan teknologi, permintaan konsumen semakin beragam
karena dipengaruhi oleh berbagai informasi yang di dapatkan dari internet
sehingga dunia fashion pun membaca kondisi ini dan berlomba-lomba menyajikan
berbagai macam produk yang belum dan atau modivikasi produk yang ada dengan
tambahan nilai sehingga produk yang diciptakan mampu manarik minat beli konsumen. Hal ini juga yang membuat
dunia fashion banyak diminati para pemilik modal untuk menggeluti bidang ini.
2.Latar Belakang
Ada beberapa macam sepatu yang diminati oleh
konsumen Indonesia mulai dari sepatu import,sepatu lokal ,sepatu kulit,sepatu
yang terbuat dari limbah dan lain-lain. Penjualan sepatu secara ofline dan
online semakin marak namun sepatu-sepatu yang dijual mengikuti trend yang
sedang terjadi sehingga hal ini
menimbulkan persaingan yang ketat. Shoecialize berkonsep unik yang menyajikan
customize sepatu sehingga memungkinkan konsumen untuk memilih desain dan
material yang sesuai dengan keinginan serta memakai prinsip sosial dimana
setiap penjualan Produk Shoecialize memberikan bantuan untuk kegiatan sosial.
Sepatu menjadi barang primer sekaligus menjadi
koleksi bagi sebagian orang, karena terbukti bahwa 1 orang bisa memiliki
beberapa jenis sepatu dengan merek yang berbeda,sehingga hal ini menjadi
tantangan bagi para produsen sepatu untuk terus berkreasi dan merebut pasar. Bisnis
sepatu selain tidak memerlukan modal yang cukup besar, juga memberikan
keuntungan yang besar sekitar 50-100% dari biaya per unitnya. Semakin banyak
Kita memproduksi sepatu makan semakin kecil biaya per unitnya. Namun hal
tersebut harus diimbangi dengan kualitas sepatu itu sendiri karena penekanan
biaya akan mempengaruhi kualitas suatu produk.
Lalu
bagaimana menciptakan sepatu yang berkualitas tinggi dengan model yang diminati
konsumen dan menawarkan harga renda ? Persoalan tersebut sebenarnya dapat
dijawab dengan strategi pemasaran yang tepat yang dapat menciptakan efek domino
baik bagi produsen dan konsumen. Di Indonesia bayak terdapat pengrajin sepatu
yang memudahkan pemula bisnis ini memulai bisnisnya dan material yang
dibutuhkan pun tergolong mudah didapatkan . Dari latar belakang diatas Kami
yakin bahwa Shoecialize dapat bersaing dengan sepatu-sepatu lain yang beredar
dipasaran.
3.Aspek Pasar
3.1 Potensi Pasar
Berdasarkan
Laporan dari Jurnal Nasional, (http://www.jurnas.com/halaman/15/2012-05-19/209477)
Permintaan rata-rata sepatu di Indonesia
sekitar 1.8 juta pasang sepatu , karena sebanyak 80 % dari total 240 Juta
penduduk Indonesia telah menggunakan sepatu. Potensi permintaan sepatu anak
naik lebih dari 300juta pasang per
tahun. Hal ini bisa terus meningkat apabila ada peningkatan dan perbaikan
infrastruktur di Tanah air. Adapun target pasar Shocialize adalah Pegawai
Kantor, Mahasiswa dan Pelajar dan
Kalangan umum.
3.2Pertumbuhan Proyeksi Permintaan
Selain itu , dapat dilihat dari data Google trends (
http://www.google.com/trends/
)
untuk pencarian kata kunci dengan keyword Sepatu unik mengalami kenaikan yang
signifikan dari tahun 2009 – 2013. Dengan mentarget keword Sepatu Unik untuk
strategi promosi Shocialize, maka proyeksi pasar akan semakin besar. Hal ini
menguatkan bahwa bisnis sepatu akan terus berkembang pesat di tahun-tahun yang
akan datang.
3.3 Market Share
Dengan sistem penjualan ofline dan online , maka
dapat diprediksikan Shoecialize akan memiliki market share yang kompetitif.
Strategi
Pemasaran
·
Strategi pemasaran yang akan dilakukan
usaha ini yaitu system online dan ofline dimana pada system online akan dibuat
website dengan domain soezialize.com dengan pengolahan seo yang menarget
beberapa keyword sehingga kepopuleran soesialize akan naik dimata search engine
disamping penjualan langsung pada social media dan e comerse lokal seperti toko
bagus, berniaga.com dll.
·
Sedangkan pada strategi ofline soesialize memiliki workshop
yang digunakan sebagai tempat untuk mendisplay sepatu sekaligus tempat
penyimpanan barang sehingga memudahkan para pelanggan yang ingin berkunjung
langsung ke toko sepatu.
·
Penyebaran brosur dan mengikuti pameran2
goes to campus sebagai pengenalan langsung kepada pelanggan .
·
Sosilize juga menetapkan pemasaran
berbasis peduli social , setiap pembelian sepatu socialize 1.5% akan
disumbangkan untuk dana social.
·
Mengadakan segmentasi harga.
4.Aspek Teknis
4.1 Lokasi :
Untuk lokasi tokoh akan ditempatkan pada lokasi strategis yang memenuhi
beberapa Kriteria seperti dapat dijangkau,menempari lokasi dimana banyak
konsumen yang berlalu lalang,Display tokoh mudah terlihat dari kejauhan,
terdapat lokasi partkir dan biaya sewa minimal.
4.2 Luas
produksi : Karena Shocialize merupakan Produk baru maka luas produksi akan
sangat ditentukan oleh target break even point yang menentukan seberapa besar
target penjualan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik
impas.
4.3 Lay out
: Berdasarkan pengalaman Kami saat berbelanja, Lay out toko sangat berpengaruh
pada kenyamanan konsumen sehingga hal ini perlu diperhatikan , Karna ketika
konsumen nyaman berada di toko kami maka hal tersebut menjadi nilai lebih dan
mengarahkan konsumen untuk melakukan pembelian.
Kami mengingikan desain simple yang tidak memerlukan
banyak biaya untuk perlengkapan toko tapi mampu menyajikan kenyamanan pada
pelanggan seperti desain toko yang Kami ambil di http://kuta.olx.co.id dibawah ini.
4.3 Teknologi ,Mesin dan Ekuipment
Teknologi
:
-
Netbook dan sambungan internet
-
Telephone
-
Website resmi Shocialize ,Blog, dan
Social media pendukung
Mesin
-
Untuk pembuatan sepatu Shocialize
menggunakan jasa outsourcing sehingga tidak memerlukan mesin-mesin khusus.
Peralatan
-
Printer
-
Pencetak resi
-
Pencetak Barcode
-
Mesin pembayaran debit /kredit
-
1 Meja & 1 Kursi Kasir
-
1 Lemari sepatu dan 3 etalase gantung
sepatu
-
2 meja display sepatu
-
Ac
Waktu efektif pembukaan
toko yaitu dari pukul 11.00 WIB - 22.00 WIB tergantung dari lokasi toko.Untuk membuktikan hal tersebut
akan dilakukan uji coba dengan satu karyawan yang akan bekerja pada pukul 11.00
WIB – 19.00 WIB dan jam berikutnya akan dijaga oleh pemilik toko sehingga dapat
menghemat biaya pada masa uji coba.Penambahan karyawan akan tergantung pada
hasil uji coba dan permintaan produk.
Untuk penjualan online
dan pengaturan website akan di handel oleh pemilik usaha karena hal ini
membutuhkan keterampilan khusus dan penanganan yang sedikit rumit karena
menentukan penjualan. Ketika sudah berjalan maka pekerjaan ini bisa di handel
oleh karyawan dengan memberikan pelatihan terlebih dahulu. Untuk proses
pengepakan paket bisa dibantu oleh karyawan, karena karyawan berhadapan
langsung dengan stok barang di toko.
5 Aspek Manajemen
5.1 Kebutuhan Tenaga Kerja
Seperti yang Kami katakana pada poin
4.4 bahwa tenaga kerja yang digunakan adalah 1 karyawan. Dan Kami akan membantu
jalannya proses usaha seperti pembagian waktu kerja untuk ofline dan online
serta pembagian tugas sesuai kapabilitas masing-masing pemilik usaha yang
terdiri dari 4 orang.
5.2 Job Deskripsi dan Job Spesifikasi
1.Yeni Inayah (
Bagian Pemasaran )
Tugas : Bertanggung
jawab melakukan riset pasar, Merencanakan,
mengontrol dan mengkoordinir proses penjualan dan pemasaran untuk mencapai
target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien.
·
Job Spesifikasi : Berpengalaman di bidang
pemasaran, Mampu mengkoordinir dan mengawasi segala
kegiatan penjualan
2. Firly Wijaya ( Bagian
Produksi )
Tugas : Bertanggung
jawab melakukan perencanaan,pengkoordinasian,pengarahan dan pengawasan
produksi.
·
Job Spesifikasi : Mengerti jalannya proses produksi dengan baik dan Memahami
peralatan dan kebutuhan produksi
3. Reca Yovita (
Bagian Keuangan )
Tugas : Bertanggung jawab
atas segala aktivitas keuangan, tugas utama dari jabatan ini yaitu melakukan pengaturan,
transaksi, membuat laporan keuangan perusahaan.
·
Job Spesifikasi : Ahli dalam menyusun laporan pembukuan perusahaan dengan
baik, Mampu mengkoordinir dan mengawasi pembukuan baik administrasi maupun
akutansi.
4. Ayu Wulan (
Bagian Operasional )
Tugas : Memiliki tugas utama atas
seluruh aktivitas operasional perusahaan, mulai dari pembuatan rencana
produksi, pembuatan rencana pemakaian sistem dan anggaran produksi, memastikan
kualitas produk yang dihasilkan sesuai dengan standar.
·
Job Spesifikasi : Berpengalaman dalam perencanaan produksi,penetapan
peralatan dan penganggaran produksi sesuai standar perusahaan.
5. Karyawan (SDM )
Tugas : Bertanggung
jawab untuk melakukan tugas sesui SOP
·
Job Spesifikasi : Berpengalaman dalam bidang marketing, supel dalam
melayani pelanggan dan mempunyai disiplin tinggi untuk menjalankan tugas yang
diberikan.
6. Aspek Finansial
6.1 Investasi ( Aktiva dan Modal Kerja )
Aktiva Tetap
Peralatan
|
Jumlah
|
Notebook
|
Rp.3.500.000
|
Telephone
|
Rp. 150.000
|
Domain
, Hosting
|
Rp.265.000
|
Printer
|
Rp.500.000
|
Pencetak
resi
|
Rp.750.000
|
Mesin
pembayaran debit /kredit
|
Rp.2.000.000
|
1
Meja & 1 Kursi Kasir
|
Rp.350.000
|
1
Lemari sepatu dan 3 etalase gantung sepatu
|
Rp.2.200.000
|
2
meja display sepatu
|
Rp.400.000
|
Ac
|
Rp.1.500.000
|
Pencetak
Barcode
|
Rp.100.000
|
Jumlah
|
Rp.11.715.000
|
Biaya Bulanan
Jenis
Biaya
|
Jumlah
|
Sewa Kios
|
Rp.1.000.000
|
Gaji Karyawan
|
Rp. 800.000
|
Listrik , Tlp , Internet
|
Rp.300.0000
|
Jumlah
|
Rp.2.100.000
|
Biaya produksi
Jenis
Bahan Baku
Yang
dibutuhkan
|
Bahan
Sepatu
|
Vol.
|
Sepatu
yang dihasilkan
|
Target
Produksi
|
||
Sosialize Unisex
|
Sosialize
woman
|
Sos.Unisex
|
S.Woman
|
|||
Rp.40.000
|
Rp.50.000
|
1m
|
4 Pasang
|
|||
Bahan
|
Rp.18.000
|
Rp.18.000
|
1m
|
4 Pasang
|
||
Shole
|
Rp.60.000
|
Rp.60.000
|
4 Pasang
|
|||
Lem,acsesories,tali,mata
kancing dll
|
Rp.40.000
|
Rp.40.000
|
4 Pasang
|
|||
Ongkos Produksi
|
Rp.56.000
|
Rp.56.000
|
4 Pasang
|
|||
Kemasan sepatu
|
Rp.40.000
|
Rp.40.000
|
4 Pasang
|
|||
Biaya produksi
/pasang
|
Rp.63.500
|
Rp.66.000
|
1 Pasang
|
|||
Total Biaya produksi
|
Rp.9.525.000
|
Rp.13.200.000
|
150
|
200
|
·
Modal
awal yang dibutuhkan yaitu :
Aktiva tetap : Rp.11.715.000
Biaya Bulanan : Rp.2.100.000
Biaya produksi 350 Sepatu : Rp.22.725.000
Total Modal : Rp.
36.540.000
6.2
Sumber Dana
Untuk memulai usaha ini diperlukan total biaya
sebesar Rp.36.540.000 , Pada Pt. Shoesialize terdapat 4 pemilik usaha sehingga
modal usaha bisa menggunakan uang pribadi dengan membagi besarnya modal usaha
sehingga masing-masing anggota harus menyertakan modal sebesar Rp. 9.135.000
Estimasi Pendapatan
Jenis sepatu yg diproduksi
|
Harga Jual
|
Pendapatan
|
Harga Modal
|
Keuntungan
|
||||
Reseller
|
End User
|
Reseller
|
End User
|
Reseller
|
End User
|
|||
Sosialize Unisex
|
Rp.125.000 (75)
|
Rp.155.000 (100)
|
Rp.9.375.000
|
Rp.15.500.000
|
@Rp.63.500
|
Rp.4.612.500
|
Rp.9.150.000
|
|
Sosialize Woman
|
Rp.135.00
(75)
|
Rp.165.000
(100)
|
Rp.10.125.000
|
Rp.16.500.000
|
@Rp.66.000
|
Rp.5.175.000
|
Rp.9.900.000
|
|
Target penjualan/bulan
|
150
|
200
|
||||||
Jumlah masing-masing
|
Rp.9.337.500
|
Rp.19.050.000
|
||||||
Total
Keuntungan / Bulan
|
Rp.28.387.500
|
|||||||
6.3 Perhitungan Pengembalian Modal (BEP)
BIla dalam 1 bulan di targetkan untuk mencapai penjualan
sebanyak 350 pasang sepatu dengan segmentasi pasar untuk reseller dan end user
, terlihat bahwa keuntungan / bulan sebesar
Rp.28.387.500
Perhitungan
Bep
|
Jumlah
|
Total Keuntungan / Bulan
|
Rp.28.387.500
|
Biaya bulanan
|
Rp. 2.100.000
|
Biaya produksi
|
Rp.22.725.000
|
Dana sosial 1.5% x Rp.28.387.500
|
Rp.425.812
|
Keuntungan / Bulan
|
Rp, 3.136.688
|
Estimasi BEP yaitu Total
Modal : Rp. 36.540.000 : Rp, 3.136.688 : 11.5 Bulan
7. Kesimpulan & Saran
7.1 Kesimpulan
Bep pada Shoecialize terlihat lamban , Namun
bagian pemasaran harus menetapkan target penjualan dan promosi sehingga
penjualan pun meningkat setiap bulan , dengan adanya peningkatan permintaan
makan akan menekan biaya produksi sehingga biaya produksi yang diperlukan.
Karena jangkauan dan luas pasar tidak hanya mencakup dalam negeri. Melalui
penjualan online, Shocialize dapan menembus pasar global dan bersaing dengan
produk sejenis.
7.2 Saran
Saran Kami, dalam memilih bisnis hendaknya memilih bisnis yang memang
disukai oleh pemilik usaha dan telah meneliti dengan baik mulai dari permintaan
pasar,trend,pesaing,keunggulan produk dll. Produk yang diciptakan pun sebaiknya
produk yang belum beredar dipasar namun diyakini dapat memenuhi kebutuhan
pasar. Karena tujuan dari menciptakan produk baru adalah memenuhi kebutuhan
yang belum terpenuhi bukan hanya sekedar menciptakan produk yang belum tentu
sama dengan apa yang diharapkan oleh pasar. Untuk itu perlu dilakukan studi
kelayakan bisnis untuk menyamakan persepsi. Happy Business J
Comments
Post a Comment