Contoh Proposal Bisnis SKB

Jenis Usaha
·         Sepatu Shocialize
Detail Produk
·         Soesialize unisex yang di design khusus sehingga bisa dipakai di kantor,kampus ataupun bersantai
·         Soesialize woman, sepatu yang di design khusus untuk remaja dan wanita masa kini yang menginginkan sepatu casual dengan berbagai model yang bisa di customisasi sesuai model yang diinginkan oleh pelanggan.
1.Eksekutive Summary
Berbicara Fashion tidak akan ada habisnya. Seiring berkembangnya informasi dan teknologi, permintaan konsumen semakin beragam karena dipengaruhi oleh berbagai informasi yang di dapatkan dari internet sehingga dunia fashion pun membaca kondisi ini dan berlomba-lomba menyajikan berbagai macam produk yang belum dan atau modivikasi produk yang ada dengan tambahan nilai sehingga produk yang diciptakan mampu manarik minat  beli konsumen. Hal ini juga yang membuat dunia fashion banyak diminati para pemilik modal untuk menggeluti bidang ini.
 2.Latar Belakang
Ada beberapa macam sepatu yang diminati oleh konsumen Indonesia mulai dari sepatu import,sepatu lokal ,sepatu kulit,sepatu yang terbuat dari limbah dan lain-lain. Penjualan sepatu secara ofline dan online semakin marak namun sepatu-sepatu yang dijual mengikuti trend yang sedang  terjadi sehingga hal ini menimbulkan persaingan yang ketat. Shoecialize berkonsep unik yang menyajikan customize sepatu sehingga memungkinkan konsumen untuk memilih desain dan material yang sesuai dengan keinginan serta memakai prinsip sosial dimana setiap penjualan Produk Shoecialize memberikan bantuan untuk kegiatan sosial.
Sepatu menjadi barang primer sekaligus menjadi koleksi bagi sebagian orang, karena terbukti bahwa 1 orang bisa memiliki beberapa jenis sepatu dengan merek yang berbeda,sehingga hal ini menjadi tantangan bagi para produsen sepatu untuk terus berkreasi dan merebut pasar. Bisnis sepatu selain tidak memerlukan modal yang cukup besar, juga memberikan keuntungan yang besar sekitar 50-100% dari biaya per unitnya. Semakin banyak Kita memproduksi sepatu makan semakin kecil biaya per unitnya. Namun hal tersebut harus diimbangi dengan kualitas sepatu itu sendiri karena penekanan biaya akan mempengaruhi kualitas suatu produk.
 Lalu bagaimana menciptakan sepatu yang berkualitas tinggi dengan model yang diminati konsumen dan menawarkan harga renda ? Persoalan tersebut sebenarnya dapat dijawab dengan strategi pemasaran yang tepat yang dapat menciptakan efek domino baik bagi produsen dan konsumen. Di Indonesia bayak terdapat pengrajin sepatu yang memudahkan pemula bisnis ini memulai bisnisnya dan material yang dibutuhkan pun tergolong mudah didapatkan . Dari latar belakang diatas Kami yakin bahwa Shoecialize dapat bersaing dengan sepatu-sepatu lain yang beredar dipasaran.
3.Aspek Pasar
3.1 Potensi Pasar
  Berdasarkan Laporan dari Jurnal Nasional, (http://www.jurnas.com/halaman/15/2012-05-19/209477)  Permintaan rata-rata sepatu di Indonesia sekitar 1.8 juta pasang sepatu , karena sebanyak 80 % dari total 240 Juta penduduk Indonesia telah menggunakan sepatu. Potensi permintaan sepatu anak naik  lebih dari 300juta pasang per tahun. Hal ini bisa terus meningkat apabila ada peningkatan dan perbaikan infrastruktur di Tanah air. Adapun target pasar Shocialize adalah Pegawai Kantor, Mahasiswa  dan Pelajar dan Kalangan umum.

3.2Pertumbuhan Proyeksi Permintaan
Selain itu , dapat dilihat dari data Google trends ( http://www.google.com/trends/ ) untuk pencarian kata kunci dengan keyword Sepatu unik mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun 2009 – 2013. Dengan mentarget keword Sepatu Unik untuk strategi promosi Shocialize, maka proyeksi pasar akan semakin besar. Hal ini menguatkan bahwa bisnis sepatu akan terus berkembang pesat di tahun-tahun yang akan datang.
3.3 Market Share
Dengan sistem penjualan ofline dan online , maka dapat diprediksikan Shoecialize akan memiliki market share yang kompetitif.
Strategi Pemasaran
·         Strategi pemasaran yang akan dilakukan usaha ini yaitu system online dan ofline dimana pada system online akan dibuat website dengan domain soezialize.com dengan pengolahan seo yang menarget beberapa keyword sehingga kepopuleran soesialize akan naik dimata search engine disamping penjualan langsung pada social media dan e comerse lokal seperti toko bagus, berniaga.com dll.
·         Sedangkan pada  strategi ofline soesialize memiliki workshop yang digunakan sebagai tempat untuk mendisplay sepatu sekaligus tempat penyimpanan barang sehingga memudahkan para pelanggan yang ingin berkunjung langsung ke toko sepatu.
·         Penyebaran brosur dan mengikuti pameran2 goes to campus sebagai pengenalan langsung kepada pelanggan .
·         Sosilize juga menetapkan pemasaran berbasis peduli social , setiap pembelian sepatu socialize 1.5% akan disumbangkan untuk dana social.
·         Mengadakan segmentasi harga.
4.Aspek Teknis
  4.1 Lokasi : Untuk lokasi tokoh akan ditempatkan pada lokasi strategis yang memenuhi beberapa Kriteria seperti dapat dijangkau,menempari lokasi dimana banyak konsumen yang berlalu lalang,Display tokoh mudah terlihat dari kejauhan, terdapat lokasi partkir dan biaya sewa minimal.
   4.2 Luas produksi : Karena Shocialize merupakan Produk baru maka luas produksi akan sangat ditentukan oleh target break even point yang menentukan seberapa besar target penjualan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai titik impas.
   4.3 Lay out : Berdasarkan pengalaman Kami saat berbelanja, Lay out toko sangat berpengaruh pada kenyamanan konsumen sehingga hal ini perlu diperhatikan , Karna ketika konsumen nyaman berada di toko kami maka hal tersebut menjadi nilai lebih dan mengarahkan konsumen untuk melakukan pembelian.
Kami mengingikan desain simple yang tidak memerlukan banyak biaya untuk perlengkapan toko tapi mampu menyajikan kenyamanan pada pelanggan seperti desain toko yang Kami ambil di http://kuta.olx.co.id dibawah ini.



  4.3 Teknologi ,Mesin dan Ekuipment
     Teknologi :
-          Netbook dan sambungan internet
-          Telephone
-          Website resmi Shocialize ,Blog, dan Social media pendukung
      Mesin
-          Untuk pembuatan sepatu Shocialize menggunakan jasa outsourcing sehingga tidak memerlukan mesin-mesin khusus.
Peralatan
-          Printer
-          Pencetak resi
-          Pencetak Barcode
-          Mesin pembayaran debit /kredit
-          1 Meja & 1 Kursi Kasir
-          1 Lemari sepatu dan 3 etalase gantung sepatu
-          2 meja display sepatu
-          Ac
  4.4 Jadwal Kerja
Waktu efektif pembukaan toko yaitu dari pukul 11.00 WIB  -  22.00 WIB tergantung dari   lokasi toko.Untuk membuktikan hal tersebut akan dilakukan uji coba dengan satu karyawan yang akan bekerja pada pukul 11.00 WIB – 19.00 WIB dan jam berikutnya akan dijaga oleh pemilik toko sehingga dapat menghemat biaya pada masa uji coba.Penambahan karyawan akan tergantung pada hasil uji coba dan permintaan produk.
Untuk penjualan online dan pengaturan website akan di handel oleh pemilik usaha karena hal ini membutuhkan keterampilan khusus dan penanganan yang sedikit rumit karena menentukan penjualan. Ketika sudah berjalan maka pekerjaan ini bisa di handel oleh karyawan dengan memberikan pelatihan terlebih dahulu. Untuk proses pengepakan paket bisa dibantu oleh karyawan, karena karyawan berhadapan langsung dengan stok barang di toko.
5 Aspek Manajemen
  5.1 Kebutuhan Tenaga Kerja
        Seperti yang Kami katakana pada poin 4.4 bahwa tenaga kerja yang digunakan adalah 1 karyawan. Dan Kami akan membantu jalannya proses usaha seperti pembagian waktu kerja untuk ofline dan online serta pembagian tugas sesuai kapabilitas masing-masing pemilik usaha yang terdiri dari 4 orang.
 5.2 Job Deskripsi dan Job Spesifikasi
1.Yeni Inayah ( Bagian Pemasaran )
Tugas : Bertanggung jawab melakukan riset pasar, Merencanakan, mengontrol dan mengkoordinir proses penjualan dan pemasaran untuk mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien.
·         Job Spesifikasi : Berpengalaman di bidang pemasaran, Mampu mengkoordinir dan mengawasi segala kegiatan penjualan

2. Firly Wijaya ( Bagian Produksi )
Tugas : Bertanggung jawab melakukan perencanaan,pengkoordinasian,pengarahan dan pengawasan produksi.
·         Job Spesifikasi : Mengerti jalannya proses produksi dengan baik dan Memahami peralatan dan kebutuhan produksi

3. Reca Yovita ( Bagian Keuangan )
Tugas : Bertanggung jawab atas segala aktivitas keuangan, tugas utama dari jabatan ini yaitu melakukan pengaturan, transaksi, membuat laporan keuangan perusahaan. 
·         Job Spesifikasi : Ahli dalam  menyusun laporan pembukuan perusahaan dengan baik, Mampu mengkoordinir dan mengawasi pembukuan baik administrasi maupun akutansi.

4. Ayu Wulan ( Bagian Operasional )
Tugas : Memiliki tugas utama atas seluruh aktivitas operasional perusahaan, mulai dari pembuatan rencana produksi, pembuatan rencana pemakaian sistem dan anggaran produksi, memastikan kualitas produk yang dihasilkan sesuai dengan standar.
·         Job Spesifikasi : Berpengalaman dalam perencanaan produksi,penetapan peralatan dan penganggaran produksi sesuai standar perusahaan.

5. Karyawan  (SDM )
Tugas : Bertanggung jawab untuk melakukan tugas sesui SOP
·         Job Spesifikasi : Berpengalaman dalam bidang marketing, supel dalam melayani pelanggan dan mempunyai disiplin tinggi untuk menjalankan tugas yang diberikan.

6. Aspek Finansial
    6.1 Investasi ( Aktiva dan Modal Kerja )
Aktiva Tetap
Peralatan
Jumlah
Notebook
Rp.3.500.000
Telephone
Rp. 150.000
Domain , Hosting
Rp.265.000
Printer
Rp.500.000
Pencetak resi
Rp.750.000
Mesin pembayaran debit /kredit
Rp.2.000.000
1 Meja & 1 Kursi Kasir
Rp.350.000
1 Lemari sepatu dan 3 etalase gantung sepatu
Rp.2.200.000
2 meja display sepatu
Rp.400.000
Ac
Rp.1.500.000
Pencetak Barcode
Rp.100.000
Jumlah
Rp.11.715.000







Biaya Bulanan
Jenis Biaya
Jumlah
Sewa Kios
Rp.1.000.000
Gaji Karyawan
Rp. 800.000
Listrik , Tlp , Internet
Rp.300.0000
Jumlah
Rp.2.100.000

Biaya produksi
Jenis Bahan Baku
Yang dibutuhkan 
Bahan Sepatu
Vol.
Sepatu yang dihasilkan
Target Produksi
Sosialize  Unisex
Sosialize woman
Sos.Unisex
S.Woman

Rp.40.000
Rp.50.000
1m
4 Pasang


Bahan
Rp.18.000
Rp.18.000
1m
4 Pasang


Shole
Rp.60.000
Rp.60.000

4 Pasang


Lem,acsesories,tali,mata kancing dll
Rp.40.000
Rp.40.000

4 Pasang


Ongkos Produksi
Rp.56.000
Rp.56.000

4 Pasang


Kemasan sepatu
Rp.40.000
Rp.40.000

4 Pasang


Biaya produksi /pasang
Rp.63.500
Rp.66.000

1 Pasang


  Total Biaya produksi
Rp.9.525.000
Rp.13.200.000


150
200





·         Modal awal yang dibutuhkan yaitu :
Aktiva tetap : Rp.11.715.000
Biaya Bulanan : Rp.2.100.000
Biaya produksi 350 Sepatu : Rp.22.725.000

Total Modal : Rp. 36.540.000
6.2  Sumber Dana
       Untuk memulai usaha ini diperlukan total biaya sebesar Rp.36.540.000 , Pada Pt. Shoesialize terdapat 4 pemilik usaha sehingga modal usaha bisa menggunakan uang pribadi dengan membagi besarnya modal usaha sehingga masing-masing anggota harus menyertakan modal sebesar Rp. 9.135.000
Estimasi Pendapatan
Jenis sepatu yg diproduksi
Harga Jual
Pendapatan
Harga Modal
Keuntungan
Reseller
End  User
Reseller
End  User

Reseller
End  User
Sosialize Unisex
Rp.125.000 (75)
Rp.155.000 (100)
Rp.9.375.000
Rp.15.500.000
@Rp.63.500
Rp.4.612.500
Rp.9.150.000
Sosialize Woman
Rp.135.00
(75)
Rp.165.000
(100)
Rp.10.125.000
Rp.16.500.000
@Rp.66.000
Rp.5.175.000
Rp.9.900.000
Target penjualan/bulan
150
200






Jumlah masing-masing
Rp.9.337.500
Rp.19.050.000

    Total Keuntungan / Bulan
                         Rp.28.387.500

6.3  Perhitungan Pengembalian Modal (BEP)
BIla dalam 1 bulan di targetkan untuk mencapai penjualan sebanyak 350 pasang sepatu dengan segmentasi pasar untuk reseller dan end user , terlihat bahwa keuntungan / bulan sebesar                         Rp.28.387.500

Perhitungan Bep
Jumlah
Total Keuntungan / Bulan
Rp.28.387.500
Biaya bulanan
Rp. 2.100.000
Biaya produksi
Rp.22.725.000
Dana sosial 1.5% x Rp.28.387.500
Rp.425.812
Keuntungan / Bulan  
Rp, 3.136.688

Estimasi BEP yaitu  Total Modal : Rp. 36.540.000 : Rp, 3.136.688 : 11.5 Bulan

7. Kesimpulan & Saran

   7.1 Kesimpulan 

Bep pada Shoecialize terlihat lamban , Namun bagian pemasaran harus menetapkan target penjualan dan promosi sehingga penjualan pun meningkat setiap bulan , dengan adanya peningkatan permintaan makan akan menekan biaya produksi sehingga biaya produksi yang diperlukan. Karena jangkauan dan luas pasar tidak hanya mencakup dalam negeri. Melalui penjualan online, Shocialize dapan menembus pasar global dan bersaing dengan produk sejenis.
    
   7.2 Saran


 Saran Kami, dalam memilih bisnis hendaknya memilih bisnis yang memang disukai oleh pemilik usaha dan telah meneliti dengan baik mulai dari permintaan pasar,trend,pesaing,keunggulan produk dll. Produk yang diciptakan pun sebaiknya produk yang belum beredar dipasar namun diyakini dapat memenuhi kebutuhan pasar. Karena tujuan dari menciptakan produk baru adalah memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi bukan hanya sekedar menciptakan produk yang belum tentu sama dengan apa yang diharapkan oleh pasar. Untuk itu perlu dilakukan studi kelayakan bisnis untuk menyamakan persepsi. Happy Business J

Comments

Popular posts from this blog

Soal Bahasa Inggris Kelas IV SD Beserta Kunci Jawaban

Grand strategi menurut michael porter

Grand Strategy